Analisis Implementasi Kurikulum PNF Dalam Pembelajaran TIK di PKBM Kreatif, Medan Tembung
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmic.v7i1.66571Keywords:
Implementasi kurikulum, Kuirkulum PNF, Pembelajaran TIK, PKBMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum PNF dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru pengajar, siswa, dan pengelola PKBM Kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum PNF dalam pembelajaran TIK di PKBM Kreatif masih belum efektif dilakukan dengan baik. Guru pengajar belum melaksanakan kurikulum dengan mengintegrasikan kompetensi dan materi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa. Beberapa tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya, seperti fasilitas dan perangkat TIK yang terbatas. Selain itu, kurangnya pelatihan dan pemahaman guru dalam mengimplementasikan Kurikulum PNF juga menjadi hambatan. Untuk meningkatkan implementasi Kurikulum PNF, disarankan adanya peningkatan fasilitas dan pelatihan bagi guru pengajar.References
Arianto. (2024). Traingulasi Metoda Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Borneo Novelty.
Dharmanegara, I. B. A. (2019). Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Pada Universitas Warmadewa Dalam Rangka Penguatan Daya Saing Perguruan Tinggi di Masa Depan. Jurnal Wicaksana. 3(2). 61-70. https://ejournal.warmadewa.ac.id.
Darsyah, S. (2023). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5(2). 857-861. https://journal.universitaspahlawan.ac.id.
Dewi, S. Z, & Hilman, I 2019. “Penggunaan TIK Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Primary Education 2(2): 48.
Eka, D., Khunaifi, A. R., Suariansyah. (2024). Kemampuan Guru Menggunakan Komputer dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Kotawaringin Timur. Jurnal BITNET. 9(1). 1-13. http://journal.umpalangkaraya.ac.id.
Gazali, M & Pransisca, M. A. (2021). Pentingnya Penguasaan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menyiapkan Siswa Menghadapi Revolusi Industru 4.0. Jurnal Ilmiah Global education. 2(1). 87-95. ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/jige.
Ginting, M. (2018). Pemanfaatan Cloud Computing Pada Aplikasi E-Learning. Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST). 3(1). 40-44. https://media.neliti.com.
Hakima, A & Hidayati, L. (2020). Peran Model Experiental Learning dalam Pendidikan berbasis Keterampilan Tata Busana. Jurnal UNESA. https://doi.org/10.26740.
Hasan. (2022). Pembelajaran berbasis Riset: Dasar Teori, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Jawa Tengah: Tahta Media Group.
Hasan., Milawati., Harahap, T. K., Tahrim., Anwari., Rahmat., Masdiana. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Tahta Media Group.
Haris, N., Maryam., Mukhlisa. (2021). Penerapan Metode Reward And Punishment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Baru. Jurnal Of Education. 1(3). 132-143. https://ojs.unm.ac.id.
Hilma, H., Syahreza, D. S., Harahap, A. W., Putri, E. R., Sagala, F. M., Sahira, S., Kelauri, S. A. (2024). Peranan Evaluasi Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Dampaknya terhadap Penilaian Kinerja PT. Visi Sukses Bersama. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 10(24). 520-530. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/9379.
Ibrohim, B. (2016). Keefektifan Organisasi dalam Pemberdayaan Sekolah. Jurnal Tarbawi. 2(1). 53-63. https://media.neliti.com.
IMADIKLUS. (2024). Alasan Mengapa Pendidikan Nonformal Sangat Penting. Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah. https://imadiklus.or.id.
Irwanto. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif untuk Mata Kuliah Elektronika Daya. Jurnal Pendidikan. 30(2). 353-368. http://journal.univetbantara.ac.id.
Jubaidah. (2020). Kompetensi Tutor Dan Manajemen Pendidikan Pada Pkbm Hanuba Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Millenial Community. 2(2). 77-84. http://journal.unimed.ac.id.
Kristiyani, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Pemanfaatan TIK sebagai Media Pembelajaran melalui House Training (IHT) di SD Negeri 1 Sembungan Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali. Jurnal JRPI. 2(4). 574-584. https://ojs.unsiq.ac.id.
Lestari, F. A. P. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Sains. Universitas Indraprasta PGRI.
Narpila, S. D., Pitaloka, D. D., Ramadhan, R., Rusydi, A. M. (2025). Perbandingan Kegiatan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada Kls VIII A SMP Cerdas Bangsa, Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang). Jurnal Nakula. 3(1). 210-220. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i1.1501.
Natsir, N. (2024). Model Kepemimpinan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin dan Kreatif Peserta Didik. Jurnal Millenial Community. 6(2). 64-73. https://orcid.org/0000-0003-3234-7773.
Natsir, N., Baidun, A., Minsarnawati., Amiruddin, Aliah, N. (2023). Belajar di Era Digital. Kebumen: Mutiara Intelektual Indonesia.
Pajriah, S. Nurfadhilah, D., Anshary, A. D. R., (2018). Pengelolaan Program Kecakapan Hidup melalui Kursus Garner kue di SKB Kota Tasikmalaya. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS. 3(1). 1-5. https://jurnal.unsil.ac.id.
Pudjianto, Udik, Anang Kukuh Adisusilo, Lestari Retnawati, and Nia Saurina. 2020. “Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik Muslimat Nu Surabaya Dalam Penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik).” Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1): 22.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah. 17(33). 81-95. http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Rivalina, R. (2015). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik. 18(2). https://jurnalteknodik.
Sari, Indah Purnama, Anindita Trinura Novitasari, and Zaeni Miftah. 2020. “Efektivitas Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Dengan Macro Powerpoint Bagi Guru.” Research and Development Journal of Education 6(2): 31.
Siregar. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Komputer Dalam Desain Pembelajaran Berbasis ICT di MIN 1 Labuhanbatu Utara. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(1). 163-176. https://jurnal.permapendis-sumut.org.
Sohaya, E. M. (2019). Pemanfaatan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Mengembangkan dan Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED. 584-594. https://digilib.unimed.ac.id/.
Sulistyowati, R. (2018). Optimalisasi Information, Communcation and Technology (ICT) dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Bidang Keahlian Pemasaraan di SMK Negeri Se-Surabaya. Jurnal Widyaloka IKIP Widya Darma. 5(1). 94-103. https://ikipwidyadarmasurabaya.ac.id.
Sunardi, Munfarida, I., Munir, N. (2025). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Perempuan dalam Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan. 5(1). 43-56. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna.
Syafruddin, Musahrain, Noviati, W., Safitri, A., Suhendra, R. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Pendampingan di Bidang TIK Bagi Guru SD Negeri Leseng Moyo Hulu. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 3(4). http://download.garuda.kemdikbud.go.id.
Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif IAIS Sambas. 1(1). 18-27. https://journal.iaisambas.ac.id.
Yunita, S., Jamaludin., Feriyansyah., (2020). Inovasi Pembelajaran PKN Menyongsong Profil Calon Guru Masa Depan. Medan: Format Publishing
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.