Minat Mahasiswa Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kreatif dan Industri Lokal
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmic.v7i1.67149Keywords:
minat mahasiswa, ekonomi kreatif, industri lokal, peran perguruan tinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji minat mahasiswa Universitas Satya Terra Bhinneka dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif dan pengembangan industri lokal. Ekonomi kreatif sebagai sektor yang dinamis memiliki potensi besar dalam menciptakan nilai tambah dan memperkuat perekonomian daerah melalui produk dan inovasi lokal. Metode penelitian menggunakan pendekatan literatur review dengan mengolah teori terkait perilaku konsumen, ekonomi kreatif, dan peran generasi muda dalam pembangunan ekonomi lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki minat yang signifikan untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi kreatif dengan berbagai cara, termasuk dukungan terhadap produk lokal, pengembangan ide kreatif, serta partisipasi dalam kegiatan kewirausahaan. Namun, terdapat tantangan seperti kurangnya pemahaman mendalam, akses terhadap modal, dan minimnya dukungan institusi pendidikan. Pembahasan menekankan pentingnya sinergi antara perguruan tinggi, pemerintah, dan pelaku ekonomi kreatif untuk memperkuat peran mahasiswa sebagai agen perubahan dalam mendorong industri lokal yang berkelanjutan.References
Adi, D. L., Amalia, C. A., Prasustyani, D. O., & Shintara, E. (2022). Peran Mahawira (Mahasiswa Wirausaha) dalam Perkembangan Sektor Ekonomi Kreatif di Indonesia (Studi pada Mahawira Universitas Negeri Malang). Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 2(1), 57–65.Jurnal P4I
Agustina, Y., Winarno, A., Pratikto, H., Narmaditya, B., & Filianti, F. (2020). A creative economy development strategy: the case of trenggalek creative network for trenggalek regency, indonesia. Journal of Asian Finance Economics and Business, 7(12), 1111-1122. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no12.1111
Alifa, N. N., Shabihah, U. S., Noor, V. V., & Humaedi, S. (2024). Peran Mahasiswa dalam Pengembangan Desa melalui Perspektif Community Development. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 45–56. https://jurnal.unpad.ac.id/focus/article/view/49129
Amri, L., Puspitasari, D., Ali, N., & Anwar, R. (2022). Potential, problems and strategies of creative economy development: quadruplehelix perspective approach.. https://doi.org/10.4108/eai.16-11-2022.2326066
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi Edisi 7). Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Effendy, J. (2018). Peran Modal Sosial sebagai Upaya Pengembangan UMKM di Desa Batu Merah Kota Ambon. Jurnal Cita Ekonomika. 12(2). 1-6. https://media.neliti.com.
fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th ed.). New York: McGraw-Hill.
Gaffar, F., Mukhlisa, N., Amir, R. (2023). Peran Pemerintah Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Petani Bawang di Desa Punagaya Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Jurnal Millennial Community. 5(1). 1-12. https://doi.org/10.24114/jmic.v5i1.44025.
Hasibuan, R. H., Arif, M & Atika. (2023). Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Pengrajin Dan Pengembangan Usaha Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus : Pengrajin Toto Jaya Bingkai Di Kecamatan Medan Area). Jurnal JUMSI. 3(1). 48-61. https://jurnal.ulb.ac.id.
Harun, H. (2018). Penyelenggara Urusan Pemerintahan Daerah Studi Penyelenggaraan Urusan Bidang Pendidikan Menengah. Jurnal Dialektika. 3(1). https://journal.uinjkt.ac.id.
Indriyani, N. D., & Suryantara, M. L. (2021). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Kreativitas Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Yos Soedarso Tahun 2019–2020. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 3(3), 20–39.Jurnal P4I+1ejurnal.uniyos.ac.id+1
Jaelani, A. (2019). Triple Helix sebagai Model bagi Inovasi Pendidikan Tinggi: Analisis Logika Kelembagaan dalam Pengembangan Kewirausahaan dan Ekonomi. Jurnal Al-Amwar. 11(1). 121-138. DOI: 10.24235/amwal.v11i1.4980.
Judijanto, L., Syahputra, H. I., Djunaidi, F. G. (2025). Kontribusi Ekonomi Kreatif terhadap Pemberdayaan Komunitas Lokal di Era Digital di Indonesia. Jurnal Sanskara. 2(2). 76-85. DOI: 10.58812/sish.v2.i02
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2022). Laporan Tahunan Ekonomi Kreatif Indonesia.
Lutfiani, N., Rahardja, U., & Manik, I. S. P. (2020). Peran Inkubator Bisnis dalam Membangun Startup pada Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 5(1), 77–89.Jurnal P4I
Mukminin, A., Sinaga, H. A., Aulia, D., Ito, R. D. (2025). Dampak Ekonomi Kreatif dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK). 4. https://usahid.ac.id/conference.
Natsir, N., Baidun, A., Minsarnawati., Amiruddin, Aliah, N. (2023). Belajar di Era Digital. Kebumen: Mutiara Intelektual Indonesia.
Pratomo, S., Ashar, K. (2021). Pengaruh Ekonomi Kreatif terhadap Pengembangan Ekonomi Lokal di Indonesia. Universitas Brawijaya.
Putri, A. (2024). Peran Mahasiswa dalam Mendukung Pertumbuhan UMKM di Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 2(4), 210–218. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i4.1071PPMI Journal
Riswanto, A., Zafar, T. S., Perdana, A. C. (2023) Ekonomi Kreatif (Inovasi, Peluang dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia). Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Rumihin, O. F & Afdhal. (2025). Pelestarian Lingkungan melalui Edukasi dan Pemberdayaan Masyarakat terdampak Pembangunan Jalan di Buru Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(1). 106-117. https://journal.mandiracendikia.com/index.php/pkm.
Rosdiana, Irwan, M., Nainggolan, E., Bangun, M., Lubis, A. I. (2023). Pengembangan Modul Digital Inovasi Pendidikan Masyarakat Berbasis Case Method Bagi Mahasiswa. Jurnal Millenial Community, 5(2). https://doi.org/10.24114/jmic.v5i2.55988.
Shantilawati, I., Yulianti, Y., & Suryadi, I. (2025). Peran Generasi Muda sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif di Indonesia. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 478–482. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.40645Journal Universitas Pahlawan
Yuwana, H. E., Mahsunah, E., Farin, A., Oktaviani, R. R., Kusuma, L. C., Rizky, M. F., Sholiha, M., Rizal, M., Devayanti, N. S., Andini, I. A. P., & Rahmadani, A. F. (2025). Peranan Mahasiswa dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat untuk Pemberdayaan UMKM Berbasis Digital. Nusantara Community Empowerment Review, 3(1), 129–135. https://doi.org/10.55732/ncer.v3i1.1390Journal Universitas NU Sidoarjo
Zusmelia., Ansofino., Irwan., Ronald. J., Suryadi, R. (2022). Ekonomi Kreatif dan Enterpreneurship Sumatera Barat. Yogyakarta: Deepublish.
Neuman, W. L. (2017). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Pearson Education Limited.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.