Pelatihan Copy Writing dan Travel Writing untuk Promosi Pariwisata Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu Bagi Generasi Milenial

Sukma Septian Nasution, Laksmy Ady Kusumoriny, Sari Fitria, Hendrik Fasco Siregar, Frieda Fania

Abstract


Desa Ciemas merupakan salah satu dari beberapa desa di Kecamatan Ciemas yang merupakan wilayah penggerak perekonomian Kabupaten Sukabumi pada sektor pariwisata. Dinas Pariwisata setempat mencatat bahwa sekitar 6.000 wisatawan baik domestik maupun mancanegara berkunjung setiap tahunnya.. Jumlah wisatawan ini sebenarnya masih terbilang rendah jika dilihat dari potensi sumber daya alam yang ada. Hasil wawancara dengan salah satu pemangku kepentingan di pemerintah daerah Sukabumi menemukan bahwa sedikitnya ada tiga masalah yang dihadapi oleh Desa Ciemas dalam meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara, yaitu (1) belum adanya upaya pemberdayaan sumber daya masyarakat generasi milenial; (2) keterbatasan kemampuan berbahasa Inggris; (3) pengelolaan teknologi informasti yang belum tepat sasaran. Maka program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pemberdayaan generasi milenial melalui pelatihan Copy Writing dan Travel Writing penting dilaksanakan guna mempromosikan paiwisata di Desa Ciemas kepada masyarakat dunia. Dengan metode pelatihan berbasis blended learning, pengabdian ini berhasil meningkatkan kemampuan milenial dalam (1) kemampuan Copy Writing dan Travel Writing dalam mempromosikan pariwisata di Desa Ciemas melalui media sosial yang mereka miliki; dan (2) kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi digital untuk mempromosikan tempat wisata di Desa Ciemas.

Keywords


Copy Writing, Generasi Milenial, Media Sosial, Pemberdayaan, Travel Writing

Full Text:

PDF

References


Applegate, E. (2005). Strategic copywriting: How to create effective advertising. Rowman & Littlefield.

Bowdery, R. (2008). Basics advertising 01: copywriting (Vol. 1). AVA Publishing. Dwidjo, R. N. (2004). Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Fagioli, M. C. (2015, June). Human Smarties: The Human Communities of the Future. In 2015 15th International Conference on Computational Science and Its Applications (pp. 57-61). IEEE.

Haryanto, I. & Nurdradjat. (2014). Tektonik daerah Ciletuh selama kurun waktu Paleogen. Bulletin of Scientific Contribution, 12(2). 69-75.

Hernández, E. (2017). The Art of Copywriting. In Leading Creative Teams (pp. 129-139). Apress, Berkeley, CA.

King, J. M. (2006). Copywriting that Sells High Tech: The Definitive Guide to Writing Powerful Promotional Materials for Techology Products, Services, and Companies. WriteSpark Press.

Martodjojo, S. (1984). Evolusi Cekungan Bogor, Jawa Barat, Tesis Doktor, Pasca Sarjana ITB. (Tidak dipublikasikan).

Marsh, C. (2007). Aristotelian causal analysis and creativity in copywriting: Toward a rapprochement between rhetoric and advertising. Written Communication, 24(2), 168-187.

Noordenbos, B. (2008, January). Copy-writing Post-Soviet Russia. Viktor Pelevin’s work in Postcolonial Terms. In Dutch Contributions to the Fourteenth International Congress of Slavists (pp. 217-242). Brill Rodopi.

Rosana, M.F., & Agusta, R. (2017). Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Santoso, M.R., & Winarni, F. (2018). Strategi Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam pengembangan ekowisata Geopark Ciletuh. Jurnal Adinegara, 7(5). 591-601.

Shaw, M. (2012). Copywriting Second Edition: Successful Writing for Design, Advertising and Marketing. Laurence King Publishing.

Siegel, K. (2004). Gender, genre, and identity in women's travel writing. Peter Lang. Smethurst, P. (2012). Travel writing and the natural world, 1768-1840. Springer.

Sugarman, J. (2006). The Adweek Copywriting Handbook: The Ultimate Guide to Writing Powerful Advertising and Marketing Copy from One of America's Top Copywriters. John Wiley & Sons.

Thompson, C. (2011). Travel writing. New York: Routledge.

von Martels, Z. R. W. M. (Ed.). (1994). Travel Fact and Travel Fiction: studies on fiction, literary tradition, scholarly discovery, and observation in travel writing (Vol. 55). Brill.

Zulkifly, H. Z., & Firdaus, N. (2014). Persuasion and the online consumers: Investigating copywriting strategies in native advertisements. International Journal of Social Science and Humanity, 4(6), 430.




DOI: https://doi.org/10.24114/jcrs.v5i2.28505

Article Metrics

Abstract view : 356 times
PDF - 392 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sukma Septian Nasution, Laksmy Ady Kusumoriny, Sari Fitria, Hendrik Fasco Siregar, Frieda Fania

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2549-1849

e-ISSN: 2549-3434

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.