PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DENGAN TEKNIK PEER -TUTORING

Nur Najibah Sukmawati, Pari Purnaningsih, Darmawati Darmawati, Resti Isnaeni, Sulasih Sulasih

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan memberikan pelatihan bahasa Inggris dengan menggunakan model pembelajaran Scaffolding dengan teknik Peer Tutoring. Model dan teknik tersebut secara teori mampu memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris baik secara langsung maupun dalam jaringan dengan baik. Kegiatan PkM ini dimulai dengan pra-survey/observasi pada bulan Maret 2021 dengan melakukan wawancara kepada pihak sekolah yaitu guru bahasa Inggris dan beberapa siswa di SMP Muhammadiyah Serpong mengenai kondisi dan kebutuhan pembelajaran bahasa Inggris selama pembelajaran dalam jaringan. Setelah mendapat masukan, kegiatan PkM dengan menggunakan scaffolding dan peer tutoring dilaksanakan. Hasil PkM menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan antusiasme siswa dalam belajar bahasa Inggris baik secara langsung maupun dalam jaringan sehingga diharapkan bisa menjadi salah satu referensi untuk pendidik dalam menciptakan atmosfer baru dalam pembelajaran baik secara langsung maupun dalam jaringan khususnya mata pelajaran bahasa Inggris sehingga terciptanya kelas yang kondusif dan tercapainya tujuan pembelajaran dengan maksimal.


Keywords


Bahasa Inggris, Peer-Tutoring, Scaffolding

Full Text:

PDF

References


Anderson, Benedict. Imagined communities: Reflections on the origin and spread of nationalism. Verso Books, 2006.

Aziz, Munawir. “Produksi Wacana Syiar Islam dalam Kitab Pegon Kiai Saleh Darat Semarang dan Kiai Bisri Musthofa Rembang.” Jurnal Afkaruna 9, no. 2 (Desember 2013): 112–28.

Fatkhullah, Faiz Karim. “Pengalaman Spiritual K.H. Bisri Mustofa dalam Naskah Manasik Haji: Tinjauan Sosiologi Sastra (the Spiritual Experience of Kh Bisri Mustofa in Manasik Haji Manuscript: a Literary Socio- Logic Saefuddin, Aris & Berdiati, Ika. Pembelajaran Efektif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya. 2014

Crystal, David. English as a global language. Ernst Klett Sprachen, 2003.

Pennycook, Alastair. "English and globalization." In The Routledge companion to English language studies, pp. 125-133. Routledge, 2009.

Cahyo, Agus N. "Panduan aplikasi teori-teori belajar mengajar teraktual dan terpopuler." DIVA Pers: Yogyakarta (2013).

Hendriansyah, Dede. "PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN ORNAMEN SULING LUBANG ENAM: Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 4 Subang." PhD diss., Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

Indrawati, Wanwan Setiawan. "Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Untuk Guru SD." Jakarta: PPPPTK IPA (2009).

Isnaeni, Resti, Nur Najibah Sukmawati, Pari Purnaningsih, Darmawati Darmawati, and Sulasih Sulasih. "COOPERATIVE LEARNING: METODE PELATIHAN SPEAKING SKILL KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 02 TANGERANG SELATAN." In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 1121-1130. 2021.

Nasution, Sukma Septian, Tryana Tryana, Eka Margianti Sagimin, and Mohammad Fajar Mediyawan Gintings. "The Challenges of Using E-Learning Platform amid Covid-19 Outbreak: Voices from the Lecturers." (2021).

Purnaningsih, Pari, Darmawati Darmawati, Nur Najibah Sukmawati, Resti Isnaeni, and Afrianti Wulandari. "PELATIHAN COOPERATIVE LEARNING BAGI GURU-GURU SMK MUHAMMADIYAH 2 TANGERANG SELATAN." JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat 1, no. 1 (2020): 47-55.

SATRIYANINGSIH, SATRIYANINGSIH. "EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VII SMP BHINNEKA KARYA KLEGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009." PhD diss., Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan, 2009.

Sesriyani, Lodya, and NUR NAJIBAH SUKMAWATI. "Analisis Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi." EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis 4, no. 1 (2019).

Sutiarso..Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika. 2009 dalam Jurnal Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA:Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. "Bandung: PT." Remaja Rosdakarya (2013).

Supardi. Implementasi Metode Tutor Sebaya dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII-2 SMP Negeri 101 Jakarta. Jakarta Barat: Dinas Pendidikan Dasar Kota Administrasi. 2009.

Sagala, Syaiful. "Konsep dan makna pembelajaran." Bandung: alfabeta (2010).

Trianto, S. Pd, and M. Pd. "Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik." Jakarta: Prestasi Pustaka (2007).

Wardoyo, Sigit Mangun. "Pembelajaran konstruktivisme." Bandung: Alfabeta (2013).

Widdiharto. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta:PPPG Matematika. (2006).

Yamin, Martinis. Paradigma dan Pembelajaran. Jakarta: Gp Press. (2013).al Review).” Metasastra 6, no. 2 (2013): 65–82.

Khalim, Samidi. “Akhlak Santri antara Teks dan Konteks.” Analisa Journal of Social Science and Religion 16, no. 1 (2009): 36–49.

Septiningsih, Lustantini. “Tema Nasionalisme Dalam Pembelajaran Sastra: Upaya Menumbuhkan Semangat Kebangsaan*.” Kajian Sastra 34, no. 2 (2010).




DOI: https://doi.org/10.24114/jcrs.v5i2.28506

Article Metrics

Abstract view : 463 times
PDF - 1328 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Najibah Sukmawati, Pari Purnaningsih, Darmawati Darmawati, Resti Isnaeni, Sulasih Sulasih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2549-1849

e-ISSN: 2549-3434

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.