STRENGTHENING THE COMPETENCE OF FRENCH TEACHERS IN DEVELOPING DIGITAL-BASED TEACHING MATERIALS AT SMK NEGERI 1 BERASTAGI

Isda Pramuniati, Marice Marice, Evi Eviyanti, Wahyuni Sa'dah

Abstract


Sekolah sebagai lembaga pengembangan Sumber Daya Manusia dituntut untuk mampu menghasilkan output SDM yang berkualitas, maka penyelenggaraan pendidikan di sekolah harus punya orientasi pada kualitas. Lemahnya kompetensi guru Bahasa Perancis di SMK Negeri 1 Berastagi dalam mengelaborasi pengembangan bahan ajar dengan pemanfaatan aplikasi digital serta rendahnya minat belajar siswa dalam mengerjakan tugas-tugas terstruktur secara virtual di masa Pandemi Covid 19 menjadi hambatan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PkM) ini bertujuan memberikan penguatan kompetensi guru Bahasa Perancis dan pendampingan penyusunan bahan ajar berbasis digital untuk menciptakan suasana belajar yang bervariasi sebagai pemantik semangat siswa dalam mempelajari Bahasa Perancis serta memastikan penyelenggaraan proses belajar mengajar (PBM) secara daring dapat berjalan dengan maksimal. Kegiatan PkM penguatan kompetensi guru Bahasa Perancis dalam menyusun bahan ajar berbasis digital dimulai dengan melakukan pemetaan masalah melalui analisis situasi mitra, menentukan strategi pemecahan masalah dengan melakukan pendampingan penyusunan bahan ajar berbasis digital berbantuan software FLIPHTML5, serta monitoring dan evaluasi dari seluruh rangkaian pelaksanaan kegiatan. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa bahan ajar Bahasa Perancis untuk SMK berbasis digital yang memuat materi ajar yang disusun berdasarkan silabus mengacu kurikulum 2013 dan berisi konten pembelajaran berupa gambar, musik, video, serta soal latiahan interaktif yang dapat diakses dengan mudah oleh siswa.

Full Text:

PDF

References


Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 1.https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.47.

Bonnaud, Carole-Anne. 2018. Les outils didactiques pour apprendre en information-documentation.https://dumas.ccsd.cnrs.fr/dumas-01871298/document

Burns, M. 2011. Distance Education for Teacher Training: Modes, Models, and Methods. 338. Retrieved from http://idd.edc.org/sites/idd.edc.org/files/Distance Education for Teacher Training by Mary Burns EDC.pdf

Duplessis, Pascal. 2016. Fiche-élève, fiche pédagogique en information-documentation des outils didactiques pour enseigner et pour apprendre. URL: http://lestroiscouronnes.esmeree.fr/outils/fiche-eleve-fiche-pedagogique-en-information-documentation

Fanou, Codjo Charlemagne. 2012. Les supports dans l’enseignement/apprentissage de l’anglais de spécialité dans un environnement francophone : cas de l’anglais des filières d’économie et de gestion. Linguistique. Université de la Sorbonne nouvelle - Paris III.

Harahap, Dini Suryani. Developpement de support pedagogique de la production Ecrite Intermediaire. Thesis. PPs Unimed 2021.

Prastowo. (2013). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Rajawali Press.

Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants part 1, On the horizon, 9 (5), pp.1-6.

Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). PelatihanPemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal KARINOV, 3(1). https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57

Wibawa, B. (2016). Electronic, Mobile and Ubiquitous Learning in Higher Education. In Electronic and Mobile Learning International Seminar Proceedings (Vol. 53, Issue 9). Postgraduate Program, Universitas Negeri Jakarta. http://repository.lppm.unila.ac.id/8795/1/ Proceedings Internasional Jakarta 2.pdf




DOI: https://doi.org/10.24114/jcrs.v5i2.28840

Article Metrics

Abstract view : 263 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Isda Pramuniati, Marice Marice, Evi Eviyanti, Wahyuni Sa'dah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2549-1849

e-ISSN: 2549-3434

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.