Menerapkan Inovasi Wirausaha Pangan yang Kreatif dan Inovatif Guna Menstabilkan Ekonomi di Masa Pandemi di Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Medan

Abdul Rahman Cemda

Abstract


Peran adalah aspek dinamis kedudukan

seseorang apabila melakukan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya. Home industri adalah kegiatan usaha rumahan yang dapat bermanfaat baik secara ekonomis ataupun finansial. Meningkatkan perekonomian adalah suatu proses kegiatan perbaikan kondisi perekonomian yang lemah menjadi perekonomian yang lebih baik. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui peranan home industri dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di kelurahan sei agul kecamatan medan barat. Metode yang digunakan ialah metode diskriptif kualitatif yang berdasarkan proses pengambilan data, meneliti, mengkaji serta melakukan observasi langsung ke lokasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa home industri sangat berperan besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di kelurahan sei agul. Akan tetapi ada beberapa permasalahan yang didapat diantaranya permasalahan pemasaran serta dampak yang ditimbulkan adanya pandemi covid-19 yang sedang terjadi

Full Text:

PDF

References


Aly, A. H., Andry, A., Zulfahmy, A., arifin, F., Kumalasari, I., Noviyanti, L., … & Anggraeni, W. F. (2021). “Apotek Hidup” sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat dalam mencegah Penyebaran Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M). Vol. 1 (4).

Atmojo, J.T., Iswahyuni, S., Rejo, R., Setyorini, C., Puspitasary, K., Ernawati, H., … & Mubarak, A. S. (2020). Penggunaan Masker dalam Pencegahan dan Penanganan Covid- 19: Rasionalitas, Efektivitas, dan Isu Terkini. Journal of Health Research. Vol 3 (2).

Roanisca, O., Mahardika, R. G & Mayasani,

N. 2021. Pendampingan Pembuatan Disinfektan dan Pembersihan Lingkungan dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Kelurahan Parit Padang Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. Dharma Pengabdian Perguruan Tinggi (DEPATI) Vol. 1(1).

Wahyuni, W & Fatmawati, S. 2020. Peningkatan Pengetahuan PBHS dan Penerapan Cuci Tangan dalam Upaya Pencegahan Covid-19 pada Santri di Lingkungan Pondok Pesantren. Jurnal pengabdian kepada masyarakat Vol 4 (2).




DOI: https://doi.org/10.24114/jcrs.v5i2.29606

Article Metrics

Abstract view : 193 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdul Rahman Cemda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2549-1849

e-ISSN: 2549-3434

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.