Pemberdayaan Masyarakat dalam Pelestarian Pemanfaatan Media Tanam Organik di Desa Sambi Rejo Kecamatan Binjai

Lita Nasution, Abdul Rahman Cemda

Abstract


Pengabdian ini bertujuan Berdasarkan permasalahan  mitra yang dirumuskan, pengabdian ini bertujuan untuk: memberdayakan masyarakat di lokasi pengabdian dengan kearifan lokal tentang inventarisasi produk dan penamaan (naming) tanaman sayuran di lokasi pengabdian, memberdayakan masyarakat di lokasi pengabdian dengan informasi tanaman organik yang lebih sehat untuk konsumsi masyarakat, dan memberdayakan masyarakat di lokasi pengabdian dengan informasi tentang cara membuat pupuk organik dan penanaman tanaman organik. Tujuan pengabdian ini akan menghasilkan terbentuknya kelompok masyarakat yang memiliki pengetahuan lokal dari segi wacana rakyat dan penamaan produk yang berkenaan dengan tanaman organik dan akan menghasilkan bibit dan pupuk organik di lokasi peengabdian yang dikerjakan masyarakat setempat sehingga dapat ditanam di ladang masyarakat setempat. Perlu diketahui bahwa di desa Sambi Rejo Kecamatan Binjai tidak memanfaatkan tanaman organik yang daat digunakan menjadi pupuk organik untuk tanaman sayuran di daerah tersebut sehingga hasil pengabdian ini akan bermanfaat pada lingkungan desa Sambi Rejo Kecamatan Binjai di lokasi pengabdian. Hasil pengabdian Media Tanam Organik ini akan memberikan urgensi praktis dan urgensi teoretis sebagai urgensi pengabdian. Urgensi praktis berguna pada masyarakat dan pemerintah di lokasi pengabdian serta untuk memperkaya pengetahuan lokal dan kearifan lokal tentang pembuatan pupuk organik di lokasi pengabdian sedangkan urgensi teoretis terutama berguna pada bidang keilmuan

Full Text:

PDF

References


Sibarani R. Kearifan Lokal: Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan. Jakarta: ATL; 2012.

Balitbangsos-Depsos RI. Tinjauan tentang Kearifan Lokal. Edisi Kedua. Jakarta: Pusat Pengembangan Ketahanan Sosial Masyarakat; 2005.

Pranadji T. Penguatan Kelembagaan Gotong Royong dalam Perspektif Sosial Budaya: Suatu Revitalisasi Adat Istiadat dalam Penyelenggaraan Pemerintahan. Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi. 2009; 27(1):61 – 72.

Sibarani R. Cultural Traditions as the Source of Local Wisdoms for Development of Tourist Destinations in North Sumatera. Makalah untuk 1st International Tourism Academy Forum; 15-17 Desember 2015; Akademi Pariwisata. 2015.

Miles, Matthew B, Huberman AM. Qualitative Data Analysis. Dierjemahkan dengan judul Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press; 1992.




DOI: https://doi.org/10.24114/jcrs.v6i1.33068

Article Metrics

Abstract view : 251 times
PDF - 276 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lita Nasution, Abdul Rahman Cemda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2549-1849

e-ISSN: 2549-3434

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.