TEKNIK BERCERITA UNTUK MENINGKTKAN KEMAMPUAN KOSAKATA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 KOTA DEPOK

Laksmy Ady Kusumoriny, Sari Fitria, Sukma Septian Nasution

Abstract


Kosakata sebagai elemen vital dalam komunikasi merupakan salah satu hambatan bagi penutur bahasa kedua dan atau bahasa Asing. Untuk bahasa Inggris sebagai bahasa asing, masyarakat Indonesia memiliki hambatan dalam kosakata dikarenakan kemampuan mengingat yang rendah. Hal tersebut juga dialami oleh siswa kelas X  SMA Negeri 10 Depok. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris bagi siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 10 Depok melalui teknik bercerita. Teknik bercerita melibatka konteks yang dapat membuat siswa mampu mengingat dan memahami diksi sehingga kosakatanya akan meningkat. SMAN 10 Depok sebagai salah satu sekolah unggulan di kota Depok merupakan salah satu mitra pengabdian masyarakat program studi Sastra Inggris Universitas Pamulang. Pengabdian yang dilaksanakan selama 3 hari ini melibatkan 5 mahasiswa Sastra Inggris terpilih yang ditugaskn langsung untuk bercerita dan melakukan serangkaian aktivitas terstruktur. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 10 Depok mampu menikmti teknik bercerita dan mengikuti alur cerita dengan baik walaupun kemampuan koakata masih terbatas. Hal ini dikarenakan teknik becerita melibatkan konteks yang holistic dan membantu pemahaman terhadap kosakata yang masih terasa asing. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik bercerita merpakan teknik meningkatkan kosakata yang baik bagi siswa sehingga disarankan untuk para guru dalam mengajar kosakata agar dapat melibatkan konteks seerti halnya teknik bercerita.


Keywords


Kosakata, Komunikasi, Teknik bercerita,

Full Text:

PDF

References


Abasi, M., & Soori, A. (2014). Is Storytelling Effective in Improving the English Vocabulary Learning among Iranian Children in Kindergartens?. International Journal of Education and Literacy Studies, 2(3), 7-11.

Al-Darayseh, A. (2014). The Impact of Using Explicit/Implicit Vocabulary Teaching Strategies on Improving Students' Vocabulary and Reading Comprehension. Theory & Practice in Language Studies, 4(6).

Amelia, D. (2021). Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Storytelling Slide and Sound. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(1), 22-26.

Atasheneh, N., & Naeimi, M. (2015). Vocabulary learning through using mechanical techniques vocabulary learning strategy. Theory and practice in language studies, 5(3), 541.

Barwasser, A., Lenz, B., & Grünke, M. (2021). A Multimodal Storytelling Intervention for Improving the Reading and Vocabulary Skills of Struggling German-as-a-Second-Language Adolescents With Learning and Behavioral Problems. Insights into Learning Disabilities, 18(1), 29-51.

Bhatti, M. S., Arshad, A., & Mukhtar, R. (2020). Improving Vocabulary through Short Stories at Elementary Level. ORGANIZATION & ADVISORY COMMITTEE.

Cameron, L. (2001. Teaching Languages to Young Learners. Cambridge University Press.

Curenton, S. M., & Craig, M. J. (2011). Shared‐reading versus oral storytelling: associations with preschoolers’ prosocial skills and problem behaviours. Early Child Development and Care, 181(1), 123–146.

Devi, M. R. SITUATING STORY TELLING IN SOCIAL SCIENCE CLASSROOM.

D. Gardner, “Academic Vocabulary List,” TESOL Encycl. English Lang.Teach., 2018

Duke, N. K., & Block, M. K. (2012). Improving reading in the primary grades. The Future of Children, 55-72.

Guerrettaz, A. M., & Johnston, B. (2013). Materials in the classroom ecology. The Modern Language Journal, 97(3), 779-796.

Häcker, M. (2008). Eleven pets and 20 ways to express one's opinion: the vocabulary learners of German acquire at English secondary schools. Language Learning Journal, 36(2), 215-226.

Heilman, M., Collins-Thompson, K., Callan, J., Eskenazi, M., Juffs, A., & Wilson, L. (2010). Personalization of reading passages improves vocabulary acquisition. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 20(1), 73-98.

Hickman, P., Pollard-Durodola, S., & Vaughn, S. (2004). Storybook reading: Improving vocabulary and comprehension for English-language learners. The Reading Teacher, 57(8), 720-730.

IKRAMMUDDIN, R. (2017). USING STORY TELLING TECHNIQUE TO IMPROVE SPEAKING ABILITY. https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/3241/

Kayi, H. (2006). Teaching speaking: Activities to promote speaking in a second language. The internet TESL journal, 12(11), 1-6.

Kumoro, I. (2016). Analisis urgensi metode pembelajaran bercerita bagi perkembangan empati anak di tk dharma wanita kendal tahun ajaran 2015/2016. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).

McCarthy, M. (1990). Vocabulary. Oxford University Press.

M. F. Graves, The vocabulary book: Learning and instruction. Teachers College Press, 2016.

Mustafa, F. (2019). English vocabulary size of Indonesian high school graduates: Curriculum expectation and reality. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 3(2), 357- 371.

Naeimi, M., & Foo, T. C. V. (2015). Vocabulary acquisition through direct and indirect learning strategies. English Language Teaching, 8(10), 142-151.

Noviya, H., & Anugerahwati, M. (2021). Improving Vocabulary Mastery of Elementary School Students by Using Storytelling Strategy. EDUCATIO: Journal of Education, 5(3), 193-205.

Oktanisfia, N., & Susilo, H. (2021). Penerapan model pembelajaran story telling dalam meningkatkan English speaking skill at Mr. Bob English course. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 5(1), 48-53.

Phillips, M. (2016). The effects of visual vocabulary strategies on vocabulary knowledge.

R. Carter and M. McCarthy, Vocabulary and language teaching. Routledge, 2014.

Sozler, S. (2012). The effect of memory strategy training on vocabulary development of Austrian secondary school students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 1348-1352.

Sternberg, R. J. (2014). Most vocabulary is learned from context. In The nature of vocabulary acquisition (pp. 89-105). Psychology Press.

Webb, S., & Macalister, J. (2013). Is text written for children useful for L2 extensive reading?. TESOL quarterly, 47(2), 300-322.

Witemeyer, H. (1979). George Eliot and the Visual Arts. New Haven and London: Yale UP.

Trimastuti, W. (2018). STUDENTS’PERCEPTION OF THE USE OF STORYTELLING TECHNIQUE TO IMPROVE VOCABULARY SKILL. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 90-96.




DOI: https://doi.org/10.24114/jcrs.v7i1.43244

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Laksmy Ady Kusumoriny, Sari Fitria, Sukma Septian Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2549-1849

e-ISSN: 2549-3434

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.