IMPLEMENTASI STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM KETERAMPILAN BERBICARA

Pari Purnaningsih, Pari Purnaningsih, Nur Najibah Sukmawati, Resti Isnaeni, Resti Isnaeni

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk menerapkan Story Telling untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam keterampilan berbicara. Story telling atau bercerita merupakan salah satu metode mengajar untuk berkomunikasi secara kreatif dalam pembelajaran Bahasa. Dalam pembelajaran bahasa, salah satu keterampilannya yaitu keterampilan berbicara. Metode ini dapat membantu siswa memperkaya kosakata dan memperoleh struktur bahasa yang baru. Melalui story telling, siswa dapat mengekspresikan ide, kekhawatiran, harapan dan impian mereka. Selain itu, bercerita memberikan peluang bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa, berpikir, imajinasi dan penalaran yang tentunya akan memberi kesempatan untuk mengolah informasi dan mengembangkan kemampuannya dalam berkomunikasi. Kegiatan PkM ini dimulai dengan pra-survey / observasi pada bulan September 2022 di lokasi sasaran PkM yaitu di Rumah Asuh Yatim dan Dhuafa Yasmin, Rawakalong yang dilakukan secara berkesinambungan sehingga dapat menganalisis, mendiskusikan, dan memberikan pendampingan secara langsung terkait kegiatan pelatihan keterampilan berbicara dan inti pelaksanaan kegiatan PkM dilaksanakan pada tanggal 25-27 November 2022. Hasil PkM menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris yang sehingga diharapkan bisa menjadi salah satu referensi untuk pendidik dalam menciptakan atmosfer baru dalam pembelajaran bahasa Inggris sehingga terciptanya kelas yang menyenangkan dan tercapainya tujuan pembelajaran dengan maksimal.


Keywords


Berbicara, Percaya Diri, Story Telling

Full Text:

PDF

References


Yunus, A. (2012). Pembelajaran Bahasa Bebasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Asfandiyar, A. Y. (2007). Cara Pintar Mendongeng. Bandung: Mizan.

Saefuddin, A. & Berdiati, B. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Curenton, S. M., & Craig, M. J. (2011). Shared‐reading versus oral storytelling: associations with preschoolers’ prosocial skills and problem behaviours. Early Child Development and Care, 181(1), 123–146.

Echols, John M. & Hassan Saddily, 1975, Kamus Inggris - Indonesia, Gramedia

Geisler, H. (1997). Strorytelling Professionally: The Nuts and Bolts of A Working Performer. Englewood, Colorado: Libraries Unlimited, Inc.

Harmer, J. (2007). The practice of English language teaching. Essex: Pearson Longman.

Idris, H Meity. (2014). Meningkatkan Kecerdasan Anak Melalui Dongeng. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Indrawati dan Wawan setiawan (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Guru SD.Jakarta. P4TK

Joyce, Bruce & Marsha Weil. (1992). Models of Teaching. USA: Allyn and Bacon.

Karyadi, A. C. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jpm-Ikp), 1(2).

Kumoro, I. (2016). Analisis urgensi metode pembelajaran bercerita bagi perkembangan empati anak di tk dharma wanita kendal tahun ajaran 2015/2016. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).

Latif, Abdul. (2012). The Miracle of Story Telling. Jakarta: Zikrul Hakim.

Madyawati, Lilis. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Malan, K. (1991). Children as a Storytellers. Australia: Laura St, Newtown.

Nasution, S. S. (2019). British Parliamentary Debate: Its Effectiveness To Teach Speaking Viewed From Students’ Motivation. In Proceeding of the 9 th National Seminar on Linguistics, Literature, and Language Teaching (pp. 321-330).

Nasution, S. S., & Sukmawati, N. N. (2019). Model United Nations: Improving the students' speaking skill. JEES (Journal of English Educators Society), 4(2), 47-52.

Purnaningsih, P., Sukmawati, N. N., & Isnaeni, R. (2022). PENERAPAN ROLE PLAY DALAM BASIC ENGLISH CONVERSATION UNTUK ANAK-ANAK GRIYA YATIM DHUAFA PERMATA PAMULANG. Journal of Community Research and Service, 6(2), 148-154.

Setyarini, S. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Storytelling: Sebuah Terobosan Dalam Upaya Meningkatkan Output Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2).

Syaiful Sagala, 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Widdiharto, R. 2006. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika




DOI: https://doi.org/10.24114/jcrs.v7i1.43329

Article Metrics

Abstract view : 167 times
PDF - 161 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pari Purnaningsih, Pari Purnaningsih, Nur Najibah Sukmawati, Resti Isnaeni, Resti Isnaeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2549-1849

e-ISSN: 2549-3434

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.