Digitalisasi Instrumen Penilaian Ujian Komprehensif Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis Learning Management System (LMS)

Vita Pujawanti Dhana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian pada ujian komprehensif mahasiswa  Program Studi Pendidikan Tata Rias Fakultas Teknik UNIMED yang bersifat Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan diterapkan melalui Learning Management System (LMS) SIPDA UNIMED. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Rias yang saat ini harus melalui ujian komprehensif bersifat tertulis/ paper test, diharapkan dapat mengikuti ujian komprehensif dengan lebih efektif melalui digitalisasi tes. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui uji validitas butir soal dan reliabilitas soal. Selanjutnya dilakukan ujicoba pada responden yaitu mahasiswa program studi pendidikan tata rias dan pengelola program studi. Kemudian dilanjutkan dengan uji kelayakan instrumen CBT oleh para ahli (expert review).  Hasul dari penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen yang telah dikembangkan valid, praktis, dan dapat digunakan untuk mengukur kompetensi mahasiswa tingkat akhir program studi pendidikan tata rias.


Keywords


Pendidikan Tata Rias, Ujian Komprehensif, Learning Management System

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. (2004). Evaluasi Program Pendidikan Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Aiken, L.R. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955-959. https://doi.org/10.1177/001316448004000419

Crisp Geoffrey (2011) Teacher’s Handbook on e-Assessment: A handbook to support teachers in using e-assessment to improve and evidence student learning and outcomes. Transforming Assessment | www.transformingassessment.com

Hamalik O. (2008). Belajar dan Teori Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Prenada Media dan Pustekkon Diknas.

Mundilarto (2010). Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: UNY

Murniati, E. (2017, April). Computer based test (CBT) sebagai alternatif instrumen evaluasi pembelajaran. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (Vol. 3, No. 1).

Prawiradilaga, D.S. 2015. Prinsip Desain Pembelajaran. Kencana: Jakarta.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Richey Rita C., James D.Klein, and Monica W.Tracey. 2011. The Instructional Design Knowledge Base Teori, Researh, and Practice, New York: Routledge.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana N. (2010). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Suwarna, I. P. (2017). Mengembangkan instrumen ujian komprehensif pada program studi pendidikan fisika melalui computer based test (CBT).

Wahyuningsih, R., S. Wahyuni, dan A. D. Lesmono. 2016. Pengembangan Instrumen Self Assessment Berbasis Web untuk Menilai Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4(4):338-343.




DOI: https://doi.org/10.24114/jcrs.v8i1.51708

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Vita Pujawanti Dhana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2549-1849

e-ISSN: 2549-3434

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.