Thematic-based Literature Learning Assistance to Improve Numeracy Literacy Skills at Elementary School Level
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, dkk. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara
Azimah, Riadul dan Otang Kurniawan. 2019. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Kelas Tinggi. Jurnal Pajar (pendidikan dan pengajaran). 3 (4). (hlmn. 934- 947).
Suyono, dkk. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar. 26 (2). (hlmn. 116-123).
Wendra, I. Wayan. 2019. Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Undiksha
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif (untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif). Bandung: Alfabeta.
Agustiana, V., Rahmatunisa, W., & Darsih, E. (2022). Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling di Desa Kalimanggis Wetan. KALANDRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(6), 159–164.
Aritonang, B.D., Citra, I. A., Putu, N., & Tirta, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Anak Sd. Seminar Bahasa, Sastra dan Pengajarannya (PEDALITRA I) Penguatan Literasi Melalui Pengajaran Bahasa dan Sastra.Pedalitra I, 297–309.
Daroin, A. D., Santoso, O. V. K., Pranidia, D. M. A., & Halimah, L. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di SDN2 Gombang Tulungagung.D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat,2(1), 38-49.
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Humaira, M. A., Sudjani, D. H., Sya, M. F., Indra, S., Syamsudin, D., & Rusli, R. K. (2021). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story TellingBahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 547–552. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/16315
Jati, L. T. S., & Sumarni, W. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 777–783. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/667/585
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim, II(2), 11–21.
Lisnawati, I., & Ertinawati, Y. (2019). Literat Melalui Presentasi. Metaedukasi, 1(1), 1–12.
Magdalena, I., Handayani, S. S., & Putri, A. A. (2021). Analisis faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa di SDN Kosambi 06 Pagi Jakarta Barat. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3, 107–116.
Nirmala, S. D. (2022). Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 393. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8851
OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA). The Language of Science Education, 79–79. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69
Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2.Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589
Retnaningdyah, P. (2022).Panduan Gerakan Literasi Sekolah di sekolah menengah pertama. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Sumarti, E., Jazeri, M., Manggiasih, N. P., & Masithoh, D. (2020). Penanaman Dinamika Literasi pada Era4.0.Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya,4(1).
--------. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Anderson, L. W & Karthwohl, D. R. (2014). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen revisi taksonomi pendidikan bloom. Pustaka Pelajar: Yogyakarta
Dikdas. (2019). Pengembangan pembelajaran berorientasi hots. Dikdas Kemdikbud: Jakarta
Guba, E.G & Lincoln, Y.S. (1985). Effective evaluation. San Francisco: Jossesey-Bas Publishers.
Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.
Mahmud, Muhammad Rifqi, & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
Van de Weijer-Bergsma, E., Kroesbergen, E. H., & Van Luit, J. E. H. (2015). Verbal and visual-spatial working memory and mathematical ability in different domains throughout primary school.
Memory and Cognition, 43(3), 367–378. https://doi.org/10.3758/s13421-014-0480-4.
Yayuk, E., & Husamah. (2020). The Difficulties of Prospective Elementary School Teachers in Item Problem Solving for Mathematics: Polya’s Steps. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 361–368.
Yayuk, E., Purwanto, As’ ari, A. R., & Subanji. (2020). Primary School Students’ Creative Thinking Skills in Mathematics Problem Solving. European Journal of Educational Research, 9(3), 1281–1295.
Yunita Anindya, E. F., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053.
Yustitia, V., & Juniarso, T. (2020). Literasi Matematika Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Visual. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(2), 100–109.
Zuhri, M. dkk. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi: Program peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis zonasi. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud: Jakarta
DOI: https://doi.org/10.24114/jcrs.v8i1.57637
Article Metrics
Abstract view : 12 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mara Untung Ritonga, Elly Prihasti Wuryani, Rizki Fadila Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2549-1849
e-ISSN: 2549-3434
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.