IMPLEMENTASI METODE BELAJAR INTERAKTIF DALAM PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR DI DUKUH KEDUNG, GUWOSARI: STUDI KASUS DARI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA

LL. Riki Kamaruzzaman, Habibah Inas Maulina, Ulfah Rachmah Diffa K, Melia Dwi Nanda, Nazwa Ista Puspa M, Sri Sunanti, Ika Trivana, Sri Rahayu, Rian Maulana, Sundari Desi Nuryanti

Abstract


Pendidikan memainkan peran penting dalam pembangunan manusia, bangsa, dan negara untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan. Namun, di wilayah pedesaan seperti Dukuh Kedung, Bantul, tersedia pendidikan yang memadai masih menjadi tantangan. Untuk mengatasi hal ini, bimbingan belajar diselenggarakan sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Alma Ata Yogyakarta. Para mahasiswa KKN menggunakan metode interaktif untuk meningkatkan prestasi akademik siswa, memfasilitasi orangtua yang sibuk, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Bimbingan belajar ini memberikan dampak positif yang signifikan dengan meningkatnya minat dan motivasi belajar siswa/siswi, serta keterampilan akademik yang lebih baik. Evaluasi menunjukkan keberhasilan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan antusiasme siswa terhadap pendidikan. Harapannya, keberlanjutan program ini dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan di pedesaan.

Keywords


Bimbingan Belajar, Dukuh Kedung, KKN, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Aliyyah, R. R. et al. (2018). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 2(2), 355–371.

I Wayan Cong Sujana. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.).

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Idarah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 99–112.

Rahman, A. (2015). Peranan guru bimbingan dan konseling terhadap pelaksanaan bimbingan belajar di SMK Negeri 1 Loksado. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 1(3), 1- 14. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v1i3.580

Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi Dan Relevansinya Dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri, 14(1), 1–14.

Syardiansah. (2019). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017). Jim Upb, 7(Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017), 57–68.




DOI: https://doi.org/10.24114/jcrs.v8i2.62228

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 LL. Riki Kamaruzzaman, Habibah Inas Maulina, Ulfah Rachmah Diffa K, Melia Dwi Nanda, Nazwa Ista Puspa M, Sri Sunanti, Ika Trivana, Sri Rahayu, Rian Maulana, Sundari Desi Nuryanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2549-1849

e-ISSN: 2549-3434

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.