The Influence of Loving Local Culture on the Student Profile of Pancasila Global Diversity Elements
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astari, N.M.D.A., Lasmawan, I.W,. & Ardana, I.M. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berkearifan Lokal Kecak untuk Menanamkan Dimensi Profil Pelajar Pancasila Berkebhinekaan Global Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidkan Dasar Indonesia, 7(2) 181-193.
https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2197/1276
Azima, N.S., Furnamasari, Y.F., & Dewi, D.A. (2021). Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3) 7491-7496. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2186/1913
Badan Standar, Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. [diakses pada 14 Maret 2024].
https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/V2_Dimensi%20elemen%20subelemen%20Profil%20Pelajar%20Pancasi_1676900742.pdf
Childir, Yandi. (2023). Profil Pelajar Pancasila, Definisi, Elemen, dan Fungsinya dalam Pembentukan Karakter Anak Bangsa. [diakses pada 14 Maret 2024].
https://guruinovatif.id/@redaksiguruinovatif/profil-pelajar-pancasila-definisi-elemen-dan-fungsinya-dalam-pembentukan-karakter-anak-bangsa
Guru SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau, Fatmawati. (2022). Melestarikan Budaya dan Kearifan Lokal melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. [diakses pada 16 Maret 2024].
https://www.cakaplah.com/artikel/kampus/10738/2022/10/01/melestarikan-budaya-dan-kearifan-lokal-melalui-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila/#sthash.qPGdPBQX.dpbs
Juanta, P., Nababan, M. N., Sijabat, A., Yohandri, Y., & Festiyed, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Training Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) Ipa Fisika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 204-208.
https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/1041
Kurniasih, N., & Wakhudin. (2023). Internalisasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Seni dan Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1) 80-90.
https://jurnal.medanresourcecenter.org/index.php/TEM/article/download/1062/856
Maghfirani, R.T., & Romelah, S. (2023). Implementasi Nilai Kebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Untuk Menghadapi Krisis Identitas Nasional. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5) 101-107.
https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/bersatu/article/download/327/289
Martini, Indah. (2023). Profil Pelajar Pancasila: Dimensi Berkebhinekaan Global Pertahankan Budaya Luhur dan Menghargai Budaya Dunia. [diakses pada 13 Maret 2024].
https://www.melintas.id/pendidikan/342951617/profil-pelajar-pancasila-dimensi-berkebhinekaan-global-pertahankan-budaya-luhur-dan-menghargai-budaya-dunia
Novrianti, F., Rahman, G.A., & Yetti. (2023). Menanamkan Sikap Mencintai Budaya Lokal di Era Globalisasi Pada Anak SMA. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 3(2) 79-85.
https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/bersatu/article/download/327/289
Rohmah, N.N.S., Markhamah., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3) 1254-1270.
https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/6124/3547
Suryaningsih. Tri., Arifin Maksum., & Arita Marini. (2023). Membentuk Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebinekaan Global melalui Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pedagogik, 7(3), 1028-1042.
https://www.researchgate.net/publication/377099029_Membentuk_Profil_Pelajar_Pancasila_Dimensi_Berkebinekaan_Global_melalui_Pendidikan_Multikultural_di_Sekolah_Dasar
Azima, N.S., Ayang, F.F., Dinie, A,D. (2021). Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7491-7496.
https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2186/1913
Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi
https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Grattia, M. (2023). Globalisasi Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Penyebab, dan Dampak. [diakses pada 1 April 2024].
Globalisasi Adalah: Pengertian Menurut Para Ahli, Penyebab, dan Dampak (detik.com)
Siswa Kelas Sosioliterasi Gen 2 SMA Negeri 1 Manggar. Pebrianti, M. (2022). Dampak Globalisasi Terhadap Perilaku Pelajar, Bahayakah?. [diakses pada 1 April 2024]
https://sman1manggar.sch.id/read/739/dampak-globalisasi-terhadap-perilaku-pelajar-bahayakah
Ghozali, S. (2020). Pengembangan Karakter Kebhinekaan Global Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Studi Islam 16(2), 515-524.
http://ejournal.unkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/566/394
Nurasiah, A., Arita, M., Maratun, N., Nugraheni, R. (2022). Nilai Kearifan Lokal : Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajarr Pancasila. Jurnal Basicedu 6(3), 3639-3648.
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2727/pdf
Ngazizah, N., Tasya, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Komik Berbasis Budaya Lokal untuk Penguatan Karakter Sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(4), 1258-1263.
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5446/3928
Karimah, A. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Terhadap Budaya Lokal. Science And Education Journal (SNEJ) e-ISSN3021-7687,p-ISSN2988-5396, 1-12.
https://jurnal-cahayapatriot.org/index.php/snej/article/view/151/113
Roza, I., Zaka, H, R. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Elemen Berkhebinekaan Global di Sekolah Dasar. Jurnal Education 9(4), 2206-2211.
https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/6464/4483
Hartanto, D. (2023). Penguatan Profil Pelajar Panacasila Melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal Pada Siswa-siswi SMA AL Ma’shum Kisaran. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris 5(1) 42-51.
https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/457/412
P, Gilang. Profil Pelajar Pancasila: Definisi, Manfaat, hingga 6 Elemen di Dalamnya. [diakses pada 8 April 2024]
https://www.gramedia.com/literasi/profil-pelajar-pancasila/
Wijayanti, D,N., Muthali’in, A. (2023). Penguatan Dimensi Berkhebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan 18(1) 172-184.
https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/view/12518/0
Fitriya, I. (2022). 3 Elemen Kunci Karakter Berkebinekaan Global dalam Profil Pelajar Pancasila. [diakses pada 8 April 2024]
https://www.babad.id/edukasiana/pr-3643815915/3-elemen-kunci-karakter-berkebinekaan-global-dalam-profil-pelajar-pancasila
Terkini, Berita. (2023). Elemen-Elemen Kunci Dalam Kebhinekaan Global Pada Profil Pelajar Pancasila. [diakses pada 8 April 2024].
https://kumparan.com/berita-terkini/elemen-elemen-kunci-dalam-kebhinekaan-global-pada-profil-pelajar-pancasila-21nDhRLaklm/full
Martini, I. (2023). Profil Pelajar Pancasila: Dimensi Berkebhinekaan Global Pertahankan Budaya Luhur dan Menghargai Budaya Dunia. [diakses pada 8 April 2024].
https://www.melintas.id/pendidikan/342951617/profil-pelajar-pancasila-dimensi-berkebhinekaan-global-pertahankan-budaya-luhur-dan-menghargai-budaya-dunia?page=2
Satriyani, D,R,P., Nuansa, B,S. (2022). Relevansi Nilai –Nilai Kearifan Lokal Pada Batik Gedog Untuk Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan IPS di Kabupaten Tuban. SOSEARCH: Social Science Educational Research 3(1) 33-46.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sosearch/article/view/51395/42140
Tambunan, N., Nurul, F. (2023). Upaya Guru dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas I dan IV di SDN Tanjung Duren Selatan 01. Journal on Education 5(4) 14111-14121.
https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2432/2082
Matondang, Z. (2009). Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed 6(1) 87-97.
https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/705/1/Validitas%20dan%20reliabilitas%20suatu%20instrumen%20penelitian.pdf
Nasution, L.M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah 14(1) 49-55.
https://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/download/16/13
Santiyasa, I.W. (2016). Modul Kuliah Pengujian Hipotesis. [diakses pada 27 April 2024].
https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/9efbcf984f001182bb267038846d5fe2.pdf
Farabi, I. (2021). 2 Rumus Standar Deviasi dan Pembahasan Soal. [diakses pada 27 April 2024].
https://www.zenius.net/blog/2-rumus-standar-deviasi
Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. Journal Of Education 1(2) 20-29.
View of Penelitian Survey (lpppipublishing.com)
Mulyono. (2019). Analisis Uji Asumsi Klasik. [diakses pada 3 Juni 2024]
Analisis Uji Asumsi Klasik – Management (binus.ac.id)
Nuryati, Astuti, T.D., Utami, E.S., Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf (mercubuana-yogya.ac.id)
DOI: https://doi.org/10.24114/jcrs.v8i2.62232
Article Metrics
Abstract view : 96 timesPDF - 36 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Palma Juanta, Aischa Najwa Salsabilla, Authon Siloam Sianturi, Beatrice Samala Zendrato, Rayyan Alfadilla, Satria Abdillah, Yulia Anjani Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2549-1849
e-ISSN: 2549-3434
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.