PENDAMPINGAN BELAJAR MENULIS ESAI DESKRIPTIF DALAM BAHASA INGGRIS BAGI DI PANTI ASUHAN
DOI:
https://doi.org/10.24114/jcrs.v9i1.68391Abstract
Menulis dalam bahasa Inggris masih merupakan hal yang ditakuti oleh sebagian besar siswa di sekolah dariTingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA). Hal ini karena masih rendahnya pemahaman parasiswa di sekolah terhadap pelajaran Bahasa Inggris. Kali ini, tim pengabdian kepada masyarakat UNINDRAmengadakan kegiatan untuk pendampingan anak-anak di Panti Asuhan Yayasan Mahabbatul Yatim Kabupaten BogorJawa Barat. Sebanyak 16 (enam belas) orang mengikuti pelaksanaan PKM ini. Peserta dalam kegiatan PKM ini adalahanak-anak panti asuhan yang sudah duduk di bangku sekolah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).Pada kegiatan ini, tim melakukan pendampingan dalam melatih para peserta untuk menulis esai deskriptif dalambahasa Inggris. Tiga tahapan pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian MasyarakatPKM ini adalah: presentasi, yaitu tahap penjelasan, praktik, yaitu tahap latihan, dan pemberian tes berupa penulisandeskriptif. Pendampingan ini juga diharapkan dapat membawa dampak positif bagi peserta sehingga mereka mampumenyusun paragraf bahasa Inggris dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Hasil dari kegiatan ini adalah parapeserta pelatihan memperoleh kepercayaan diri dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Umpan balikpositif lainnya juga didapat terhadap materi tim pengajar. Agar peserta dapat memberikan pengaruh positif kepadamitra sasaran kegiatan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat menanamkan dalam diri mereka rasa tanggungjawab atas bagaimana mereka menerapkan pengetahuan merekaDownloads
Published
2025-08-11
Issue
Section
Jan 2025
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.