UPAYA PEMBERANTASAN BUTA AKSARA MELALUI PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL OLEH PENGELOLA PKBM PRESTASI GEMILANG LUBUK PAKAM

Desi Rika Lestari, Nurlaila Nurlaila

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah 1) Kurangnya minat masyarakat dalam pendidikan, 2) Terisolasinya kediaman penduduk sehingga sulit memperoleh akses pendidikan keaksaraan, 3) Media pembelajaran juga menjadi kendala sehingga mereka mengalami kesulitan dalam menerima dan mengingat materi yang telah diberikan, 4) Kurangnya tenaga pengajar keaksaraan sehingga menjadi salah satu kendala dalam proses kegiatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan upaya pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam memberantas buta aksara oleh PKBM Prestasi Gemilang di Lubuk Pakam. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sample dalam penelitian ini berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam menguji keabsahan data digunakan dengan cara triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya pengelola dalam memberantas buta aksara melalui Program Keaksaraan Fungsional yaitu melalui program keaksaraan usaha mandiri dengan tahapan, (1) Dengan melakukan sosialisasi, (2) Dengan melakukan rekruitmen/pendataan calon warga belajar keaksaraan, (3) Pelaksanaan dan pembinaan untuk warga belajar keaksaraan, dan (4) Pemberian sertifikat bagi warga belajar yang telah selesai mengikuti Program Keaksaraan Fungsional.

Full Text:

PDF

References


Ansori, Al. 2012. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah STKIP Siliwangi Bandung. Vol 1, No. 1. Diunduh pada tanggal 8 Mei 2019.

Bawani Imam, dkk. 2014. Pengelolaan Program Keaksaraan Fungsional Untuk Pemberantasan Buta Aksara Di Petisari, Babaksari, Dukun, Gresik. Volume 4, Nomor 1. Diunduh pada tanggal 5 Juli 2019.

Badriyah, M. (2014). Manajemen Sumberdaya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Hasan, S. 2012. Pelestarian Keaksaraan Melalui Arisan Anjangsana di Kelopok Belajar Keaksaraan “Dahlia” Kecamatan Sulolilo Kota Surabaya. Dalam JPNF BPPNFI Regional IV/ edisi 9 2012.hal. 81.

Indrianti, Tri. 2017. Potensi Kearifan Lokal dalam Pendidikan Keaksaraan Fungsional pada Masyarakat Perdesaan di Kabupaten Jember. p-ISSN 2442-532X. Diunduh pada tanggal 17 Juli 2019.

Maf’ullah, Siti. 2013. Analisis Karakteristik Warga Belajar Dalam Pengembangan Program Pembelajaran Keaksaraan Fungsional Di Pkbm Sanggar Belajar Yalatif Diwek Jombang. Diunduh pada tanggal 17 Juli 2019.

Santika, Tika. 2016. Pengelolaan Pembelajaran Program Keaksaraan Fungsional (Kf) Model Inova Kreatif Di Desa Margamulya Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang. Vol. 1. No 2. Diunduh pada tanggal 1 Juli 2019.

Sulton, Latifah. 2008. Keberhasilan Program Keaksaraan Fungsional (KF). Skripsi Sarjana, Fakultas Pertanian Bogor.

Syamsiah. 2016. Pemberdayaan Masyarakat Desa Yang Buta Huruf. Volume 3. Nomor 2. Diunduh pada tanggal 1 September 2019.

Zubaidi, Mohamad. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Program Keaksaraan Fungsional Berorientasi Nilai Budaya Dalam Rangka Meningkatkan Kehidupan Berkarya. Volume 2 No. Diunduh pada tanggal 22 Januari 2019.




DOI: https://doi.org/10.24114/jefa.v9i1.44424

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher :
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jefa/index