PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA DESA TERHADAP PARTISIPASI MASYARKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA DI DESA BONANDOLOK II KECAMATAN SIJAMAPOLANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN

Kristuti Marshalina Simamora, Elizon Nainggolan

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya partisipasi masyarakat di desa terutama pada program pembangunan desa di Indonesia salah satunya disebabkan oleh faktor kepemimpinan dimana kurang maksimalnya kepemimpinan kepala desa dalam menggerakkan partisipasi masyarakat desa. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan jumlah populasi sebanyak 501 orang, dengan sampel sebanyak 95 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan Angket (Daftar Pernyataan) dan Observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Adanya pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala desa terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa, dengan besar pengaruh antara variabel Kepemimpinan Kepala Desa (X) terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa (Y) ditunjukkan adalah sebesar 34% yang diperoleh dari hasil uji koefisien determinan dimana x 100%.

Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT.Rineka Cipta.

Afni, Wirda.2013. Analisis Pelaksanaan Pembangunan Desa Di Desa Teluk Lecah Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Pekanbaru: Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Amalia, Ridha Ayu. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Desa Terhadap Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS). Lampung:Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Negeri Lampung.

Kurniyati, Yuni. 2019. Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Di Desa Mulyorejo 1 Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara. Lampung:Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Oktavia, Mia Arta. 2018. Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Partisipasi Perempuan Pada Pemerintahan Desa (Studi Pada Kampung Jaya Sakti Kecamatan Anak Yuha Kabupaten Lampung Tengah). Bandar Lampung:Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Lampung.

Purnama, Irwan. 2017. Peranan Kepemimpinan Kepala Desa Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Fisik Desa. Medan: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Universitas Medan Area.

Rahayu, Martiana dwi. 2018. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrasutuktur di desa sinarsari kec. Kalirejo, Kab. Lampung Tengah. Lampung:Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Negeri Lampung.

Haryanto, Eko Sri.2015. Kepemimpinan Desa. Jakarta Selatan: Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Akbar, Firyal Muh. 2018. partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di desa jatimulya kabupaten boalemo. Jurnal Ilmu Administrasi, 6,135-142.

Asnar. 2016.partisipasi masyarakat dalam pembangunan di kelurahan sidomulyo kecamatan samarinda ilir samarinda. e-Journal.ikkippgrimadiun. 1(2):121-131.

Hermansyah. 2015.peran kepala desa dalam pelaksanaan pembangunan kecamatan tana lia kabupaten tana tidung (studi kasus di desa tanah merah dan desa sambungan). eJournal Pemerintahan Integratif, 3 (2), : 351-362.

Kaehe, Diradimalata.(dkk). 2019. Partisipasi masyarakat dalamperencanaan pembangunan di kampung pintareng kecamatan tabukan selatan tenggara.

Mulyani, Luh.(dkk).2018. Peran kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa tradisional di desa julah kecamatan tejakula kabupaten buleleng bali. ISSN: 2599-2651.Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 8 (1), 64-82.

Suroso, Hadi.(dkk). 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di desa banjaran kecamatan driyorejo kabupaten gresik.1, 7-15.




DOI: https://doi.org/10.24114/jefa.v9i1.44432

Article Metrics

Abstract view : 71 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher :
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jefa/index