PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA USIA 12-18 TAHUN DI PANTI ASUHAN AL-WASHLIYAH GEDUNG JOHOR MEDAN

Nurmayanti Juita

Abstract


Permasalahan penelitian yaitu; 1. Bagaimana perkembangan sosial remaja usia 12-18 tahun di Panti Asuhan Al-Washliyah Gedung Johor Medan?. 2. Bagaimana bentuk pola asuh demokratis orang remaja di Panti Asuhan Al-Washliyah Gedung Johor Medan? 3. Seberapa besar pengaruh pola asuh demokratis terhadap perkembangan sosial remaja 12-18 tahun di Panti Asuhan Al-Washliyah Gedung Johor Medan?. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sama dengan jumlah populasi yaitu sebanyak 30 anak. Untuk uji analisis regresinya digunakan uji analisis regresi linier sederhana dan untuk uji hipotesisnya menggunakan uji t. Hasil analisis korelasi product moment dan uji t untuk mengetahui adakah pengaruh antara variabel X dan variabel Y. dari hasil rumus korelasi product moment diperoleh rhitung > rtabel= 0,628 > 0,361. Melalui uji t diperoleh thitung > ttabel = 4,268 > 2,048 maka hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh pola asuh demokratis terhadap perkembangan sosial remaja di Panti Asuhan Al-Washliyah Gedung Johor Medan.

Full Text:

PDF

References


Afrella, Purnama. 2018. Peranan Pengasuh Dalam Membina Perilaku Sosial Anak Pada Panti Asuhan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Volume 3. Nomor 1.

Ardi. 2014.Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba IV Mangli Jember. Jurnal Komunikasi. Volume 2.Nomor 3.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Casmini. 2007. Emotional Parenting. Yogyakarta: P_Idea

Dahlia, Ruth. 2003. Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan Dengan Remaja Yang Tinggal Bersama Keluarga. Surabaya: Widya Mandala Catholic University Surabaya dipublikasikan

Dariyo, Agoes. 2004. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda.Jakarta: Garasindo.

D. Gunarsa, Singgih. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

D. Gunarsa, Singgih. Yulia singgih D. Gunarsa. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Drew, Edwards. 2006.Ketika Anak Sulit Diatur. Bandung: Mizan Pustaka

Ebbeck, Majory. 1997. Menyadari dan mengembangkan potensi anak usia dini. Yogyakarta: Makalah terjemahan UNY.

Ginting, Gadis V. Yasmin. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Di Yayasan Amal Sosial Al Washliyah Gedung Johor Medan. USU. Skripsi tidak dipublikasikan.

Harini, Sri, Aba Firdaus. 2003. Mendidik Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Kreasi Wacanai

Harlimsyah. 2007. Aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan.

Jakarta: EGC

Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional

Hasan, Maimunah 2009. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Diva Press

Hurlock. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga.

Hurlock, E, B. 2010. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Jacinta F. Rini. 2002. Psikologi Masalah Setres, Jurnal Repistory Universitas Sumatera Utara

Lidyasari, Aprilla Tina. 2012. Pola Asuh Otoritatif Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak Dalam Setting Keluarga. Di ambil dari http://staff.uny.ac.id/stles/defaut/filess/penelitian/Aprilla%20Tina%20Lidyasari,%20M.Pd./ARTIKEL%20POLA%ASUH.pdf. Diakses padaTanggal 2 Nopember 2018 pukul 01.00WIB

Listiani, Daisy. 2013. Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Empati Pada Remaja. Vol 1. No 1

Maimunah, Hasan 2009. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Diva Press

Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto. 2006. Sosiologi: Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana

Novasari, Tri. 2016. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial (Studi Pada Siswa Kelas X SMKN 5 Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan kewarganegaraan.Volume 3. No.4.

Nuryanti, Lisa, 2008. Psikologi Anak..Yogyakarta: Indeks

Rahmah, Silfia. 2014. Masalah-Masalah yang dialami Anak Panti. Jurnal Konselor. Volume 3. Nomor 3.

Respati, W, S. Yulianto, A & Widiana, N. 2006. Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Akhir Yang Mempersepsin Pola Asuh Orangtua Authoritarian, Permissive Dan Authoritative. Jurnal Psikologi. Volume 4(2), 78-79

Priyanggoro, Hasto. 2008. Andatipe orang tua yang mana. DiaksespadaTanggal 2 Nopember 2018 pukul 01.00 WIB




DOI: https://doi.org/10.24114/jefa.v9i1.44433

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher :
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jefa/index