STRATEGI TUTOR DALAM PENCEGAHAN BULLYING PADA WARGA BELAJAR USIA 10-17 TAHUN DI YAYASAN ASAH ASIH ASUH MEDAN

Yuli Artika

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan Strategi Tutor Dalam Pencegahan
Bullying pada Warga Belajar Usia 10-17 Tahun di Yayasan Asah Asih Asuh Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan tutor untuk mencegah bullying pada warga belajar usia 10-17 tahun di Yayasan Asah Asih Asuh Medan. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu manfaat Teoritis dan Praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan 4 subjek penelitian yaitu tutor di Yayasan Asah Asih Asuh Medan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pada strategi berhenti tutor melakukan pemberhentian dengan mengabaikan pelaku tindakan bullying, menghukum pelaku dengan mengeluarkannya dari dalam kelas, tidak mengizinkan mengikuti pembelajaran hingga melakukan skorsing. Tutor melakukan sosialisasi bagi warga belajar mengenai tata cara pemberhentian dengan memanfaatkan waktu jam pelajaran dan dilakukan
secara kondisional. Pada strategi menolong korban, tutor hadir sebagai proteksi untuk
memberikan perlindungan pada korban bullying. Tutor segera menjauhkan pelaku dan korban serta melakukan tindakan untuk mengembalikan kepercayaan diri korban melalui game edukatif, bimbingan, pemindahan tempat duduk, dan motivasi bagi korban. Pada indikator jangan beri perhatian pada pelaku tutor mengabaikan pelaku tindakan bullying verbal ketika akan memulai aksinya agar pelaku merasa tidak diperhatikan dan segera menghentikan tindakannya karena diabaikan. Tutor juga menegur pelaku jika tindakannya sudah mengganggu kenyamanan kelas. Pada strategi laporkan si pelaku bullying tutor memberikan mekanisme yang jelas pada warga belajar mengenai tata cara melaporkan pelaku yaitu melalui perangkat kelas ataupun melaporkan secara langsung ketika melihat adanya indikasi tindakan bullying di lingkungan yayasan maupun di dalam kelas.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2008. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Dariyo, Agoes. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung:Refika Aditama. 2007.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas.

Desmita. 2011. Psikologi PerkembanganPeserta Didik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Djumhur dan Surya, Moh. 1975. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung:Cv. Ilmu.

Jahja, Yudrik. Psikologi Perkembangan.Jakarta: Kencana Prenamedia Group.2011.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Priyatna, Andri. 2010. Lets’s End Bullying. Jakarta: Kompas Gramedia

Rachmi, cynantia. 2015. Bullying dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Penelitian. Hlm 1-2.

Santrock, Jhon W. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup Edisi 5 Jilid II. Jakarta: Erlangga. 2002.

Sarlito, Wirawan Sarwono. 2010. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiadi, Elly M dan Usman Kolip. 2011. Pengantar Sosiologi. Jakarta:

PrenadaMedia Group.

Soekanto, S. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar.

Widiharto, Christoporus Argo, dkk. Pelaku Bullying Ditinjau Dari Harga Diri Dan Pemahaman Moral Anak (http://perilaku-bullying-ditinjau-dariharga-diri-dan-pemahaman-moralanak-christoporus-argo widihartompsi-pdf/)

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Save Our Children from Scholl Bullying. Jogjakarta: Ar-Ruzzb Media.

Yandri, Dahamis, dkk. 2013. Pengembangan Modul Bimbingan Dan Konseling Untuk Pencegahan Bullying Di sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor).p 98-106.




DOI: https://doi.org/10.24114/jefa.v9i1.44436

Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF - 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher :
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jefa/index