URGENSI KURIKULUM PENDIDIKAN NONFORMAL PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KHUSUS NARKOBA

Afiva Afiva, Zulfadli Zulfadli

Abstract


Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis urgensi lembaga pemasyarakatan khusus narkoba. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik menganalisis berdasarkan berbagai sumber. Analisis dalam penelitian ini dengan koleksi data dari beberapa sumber dan penarikan kesimpulan yang telah diuji keabsahannya. Hasil penelitian menunjukkan terjaganya keamanan dan ketertiban menjadi faktor penentunya keberhasilan dan pembinaan. Bila terjadi gangguan keamanan dan ketertiban maka proses pembinaan tidak akan berjalan. Salah satu gangguan tersebut yaitu peredaran Narkotika di dalam Lembaga Pemasyarakatan. Dalam Undang-undang Psikotropika maupun Narkotika mengenai penerapan hukuman rehabilitasi hanyalah tinggal pemanis undang-undang tersebut saja tanpa dapat benar-benar secara nyata dan menyeluruh diterapkan dalam aplikasinya di lapangan.


Full Text:

PDF

References


Mulyana, D. 2008. Peran komunikasi dalam pengembangan dan penerapan IPTEK di Indonesia. Jurnal Sosioteknologi. 7(15): 468-480.

Nainggolan, I. 2012. Lembaga Pemasyarakatan Dalam Menjalankan Rehabilitasi Terhadap Narapidana Narkotika. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial. 5(2): 136-149.

Priambada, B. S., & S Sos, M. H. 2013. Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja. In PROSEDING SEMINAR UNSA.

Rogers, Everett M. 1964 “Diffusion of innovations in rural societies.” Research proposal to the Agency for International Development, East Lansing, Michigan: Michigan State University.

Santoso,Topo. 2012. Penegakan Hukum Pemilu. Tim Peneliti Perludem: Jakarta.

Sasangka, Hari. 2003. Narkotika dan Psikotropika Dalam Hukum Pidana. Bandung: Mandar Maju.

Sudjana, Djudju. 2004. Pendidikan Nonformal (Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat, Teori Pendukung, Asas). Bandung: Falah Production.




DOI: https://doi.org/10.24114/jefa.v1i1.51421

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher :
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jefa/index