NILAI-NILAI PENDIDIKAN NON FORMAL PADA TRADISI OWASA/FAULU DI KABUPATEN NIAS SELATAN, PULAU NIAS

Anggita Anastasya, Eniriat Saputri fau, Indah Dwi Ardina Ritonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai, dimensi, kepemimpinan etnis masyarakat nias. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik Pengumpulan datanya melalui observasi terlibat, wawancara mendalam dan juga dokumen-dokumen pendukung. Hasil pengamatan ini menunjukkan bahwa Upacara Owasa dibuat dengan pesta yang bertingkat – tingkat dengan melebihi aturan yang ada yaitu dengan memotong lebih banyak babi sehingga mendapatkan status sosial yang lebih tinggi dari biasanya. Mengingat pesta besar itu memerlukan biaya yang besar, maka tidak semua msyarakat nias mampu melakukannya. Status sosial itu didapatkan dalam bentuk gelar / nama kebesaran. Owasa / faulu dibagi atas dua bagian yaitu owasa faulu bagi salawa / si’ulu’ dan owasa / faulu bagi masyarakat biasa.


Full Text:

PDF

References


Ketut wiradnyana, jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia., 2010, legitimasi kekuasaan pada budaya nias.

TH, ID, KH MY, and BN SG. Bawomataluo Destinasi Wisata Nias Pulau Impian. Deepublish, 2018.

Julniyah, L., & Ginanjar, A. (2010). Pewarisan Nilai-Nilai Sedekah Bumi pada Generasi Muda di Dusun Taban Desa Jenengan Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(2), 139-145.

Isnaini, N. (2010). Pembelajaran nilai moral kepada masyarakat melalui upacara adat" Rokat Tase"(studi praktik pendidikan informal di Desa Dharma Camplong Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang-Madura (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Shokiyah, N. N. (2012). Batik sebagai sarana penanaman nilai-nilai budaya dan pembentukan karakter bangsa. Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, 4(1).

Mujinem, M. (2010). Nilai-Nilai Kehidupan Sosial Dalam Permainan Tradisional Anak Di Daerah Istimewa Yogyakarta Pada Era Globalisasi. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 10(1).

Rizal, A. S. (2011). Transformasi corak edukasi dalam sistem pendidikan pesantren, dari pola tradisi ke pola modern. Jurnal pendidikan agama islam-ta’lim, 9(2), 95-112.

Larasati, T. A. (2010). Pemanfaatan Nilai-nilai Luhur Warisan Budaya Bangsa dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Widyariset, 13(1), 135-144.

Mawardi, I. (2012). Pendidikan Life Skills Berbasis Budaya Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 215-230.

Wiradnyana, K. (2010). Legitimasi Kekuasaan Pada Budaya Nias: Panduan Penelitian arkeologi dan Antropologi. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24114/jefa.v1i1.51424

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher :
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jefa/index