FENOMENA LIFESTYLE (GAYA HIDUP) REMAJA K-POPERS (PENGGEMAR MUSIK POP KOREA) DI DESA KOTA PARIT ROKAN HILIR RIAU

Anifah Anifah, Rizki Ramadona

Abstract


Kpop adalah sebuah singkatan dari “Korean Pop” yaitu jenis music populer yang mendunia dari korea selatan. Fenomena demam korea yang terbesar luas melalui Korean pop culure kesegala negeri termasuk indonesia. Lalu kemudian melahirkan para penggemar Kpop di seluruh dunia, khususnya bagi kalangan anak muda. Dengan tujuan untuk mengikuti tren gaya hidup sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena Lifestyle (Gaya Hidup) remaja K-popers (Penggemar Musik Pop Korea) di Kota Parit Rokan Hilir Riau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Lifestyle (gaya hidup) para remaja Kpopers yang peneliti telaah, dimana praktik sosial mereka dalam berpenampilan di dasari atas eksistensi diri mereka dalam kepemilikan barang didunia fashion, meniru gaya rambut, mengisi waktu dengan menonton tayangan Kpop dan mendengar lagu-lagu Kpop yang seakan sudah menjadi prioritas gaya hidup mereka yang pada akhirnya menjadikan hal tersebut sebagai ciri khas atau identitas diri dan hal tersebut mereka tampilkan ketika berada di sekolah dan juga di luar sekolah.


Full Text:

PDF

References


Adi, G. K. H. (2019). KOREAN WAVE (Studi Tentang Pengaruh Budaya Korea Pada Penggemar K-Pop di Semarang). In Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id/81034/

Anjani Abdullah, V. (2016). Arisan Sebagai Gaya Hidup (Sebuah Kritik Terhadap Masyarakat Konsumtif Perkotaan). Jurnal Komunikasi, 11(1), 1728. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol11.iss1.art2

Anwar, Citra Rosalyn. (2018). Mahasiswa Dan Kpop. Jakarta: Jurnal Ilmu komunikasi UPN Veteran jatim No 1 Vol. 1.

Ardia, Velda. (2014). Drama Korea Dan Budaya Popular. Jurnal Komunikasi. Volume 14 (3): 11, 12, 14.

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan education research methodology. STIT Al-Hikmah Bumi Agung Way Kanan, 1(1), 13.

Cindoswari, Ageng Rara Dan Dina Diana. (2019). Korean Wave dalam fanatisme dan konstruksi gaya hidup generasi z. NUSA, Vol. 14 No. 1.

Hogarth, Hyun-key Kim. (2013). The Korean Wave: An Asian Reaction Western-Dominated Globalization. Jurnal Konunklijke Brill NV, Leiden. Volume 12 hal: 135-151.

Irmanto, Dkk. (2013). Motivasi Dan PerilakuPenggemar K-Pop Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal MODUS. Vol. 25 (1) hal: 1-25.

Ida Riaeni, Dkk. (2019). Pengaruh Budaya Korea ( K-pop ) Terhadap Remaja di Kota Cerebon. Jawa Barat, Vol. 1, no. 1

Kiki Zakiya. (2019). Menjadi Korean di Indonesia: Mekanisme Perumabahan Budaya Indonesia/Korea, Vol 12, no. 1.

Mandey, Silvya L. (2009). Pengaruh Faktor Gya Hidup terhadap keputusan remaja. Jurnal Vol. 6. No. 1.

Miftahqurahmah. (2015). Dampak korean wave terhadap gaya hidup Remaja. SKRIPSI.

Moleong. (2004). Metodologi Penelitian (EDISI.P). Remaja Rosdakarya.

Muto'in Abdul. (2018). Profi Desa Peduli Gambut. Kota Parit : Epistema

Nisrina, D., Widodo, I. A., Larassari, I. B., Rahmaji, F., Kinanthi, G., &

Adi, H. (2020). Studi Tentang Pengaruh Budaya Korea Pada Penggemar K-Pop Diajukan untuk Melengkapi Persyaratan Mencapai Gelar Sarjana Antropologi Sosial. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 7888.

Nugrahen, P.N.A. (2003). perbedaan kecenderungan gaya hidup hedonis pada remaja ditinjau dari lokasi tempat tinggal. Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.

Putri, O. F. (2019). Peran K-pop terhadap Siswa Masa Kini dan Dampaknya dalam Kehidupan Sehari-hari. https://doi.org/10.31227/osf.io/cb7xu

Putri, Karina. (2019). korean wave dalam fanatisme dan konstruksi gaya hidup generasi z. Jurnal NUSA, Vol. 14 No. 1

Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. 17, 2532.

Riaeni, I., Suci, M., Pertiwi, M., & Sugiarti, T. (2019). 9460-Article Text-22291-1-10-20190422.pdf. In Communications (Vol. 1, Issue 1, pp. 126). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communications/article/view/9460/6798

Sari, I. C., & Jamaan, A. (2014). HALLYU SEBAGAI FENOMENA TRANSNASIONAL Oleh. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 1(1), 114. https://www.neliti.com/publications/31286/hallyu-sebagai-fenomena-transnasional.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sudrawati, Lina. (2007). Gaya hidup remaja Pedesaan. Harmoni Sosial, In(2) : 69-82.

Tanjung, Rizky Syahputri. (2019). Motivasi dan perilaku penggemar musik korean pop di medan. SKRIPSI.

Wardani, A. (2013). Pengertian Korean wave/hallyu. Diakses 1 Maret, 2021. New Future.

Zakiah, K., Putri, D. W., Nurlimah, N., & Mulyana, D. (2019). Menjadi Korean Di Indonesia : Mekanisme Perubahan Budaya Indonesia-Korea. 12(1), 90–101.




DOI: https://doi.org/10.24114/jefa.v12i1.51665

Article Metrics

Abstract view : 614 times
PDF - 255 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jefa/index
slot gacor slot