HUBUNGAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN PEMENUHAN HAK ANAK REMAJA AWAL (USIA 11-15 TAHUN) DI DUSUN IX DESA TEMBUNG

Sani Susanti, Soraya Nur Ramadhani

Abstract


Kondisi sosial ekonomi orang tua menjadi salah satu faktor dalam terpenuhinya hak anak. Hak-hak anak yang harus terpenuhi terdapat empat hak yang pertama hak keberlangsungan hidup, hak tumbuh kembang, hak mendapatkan perlindungan, dan hak berpartisipasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi orangtua anak remaja awal, pemenuhan hak yang diterima oleh anak remaja awal dan bagaimana hubungan kondisi sosial ekonomi orang tua dengan pemenuhan hak anak remaja awal usia 11-15 tahun di Dusun IX Desa Tembung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 90 orang tua di Dusun IX Desa Tembung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua di Dusun IX Desa Tembung tergolong pada kategori sedang, pemenuhan hak anak usia 11-15 tahun di Dusun IX Desa Tembung juga berada pada kategori sedang, dan kondisi sosial ekonomi orang tua memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap pemenuhan hak anak di Dusun IX Desa Tembung. Artinya semakin baik kondisi sosial ekonomi orang tua maka semakin baik pula pemenuhan hak yang diterima oleh anak remaja awal (usia 11-15 tahun) di Dusun IX Desa Tembung.


Full Text:

PDF

References


Astrawan, I Wayan Gede. 2014. Analisis Sosial Ekonomi Penambang Galian C di Desa Sebudi Kecamatan Selat Kabupaten Karang Asem 2013. Vol 4.No. 1.

Fatonah. 2016. Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Nelayan Hak Anak (Studi Kasus di Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Arebon).

Hastuti, Dwi. dkk. 2010. Hubungan Karakteristik Sosial Ekonomi Rumah Tangga dengan Pemenuhan Hak Anak di Wilayah Dampingan Plan International Indonesia Program Unit Sikka, Nusa Tenggara Timur. Vol 3.No. 2.

Muhammad, dkk. 2017. Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Anak di Desa Wusne Jaya Kecamatan Wawoni Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan. Vol 10.No.1.

Mulyadi, Mohammad, 2013. Peanggaran Hak Anak. Vol.5. No. 6.

Naimah & Soesilo. 2019. Upaya Pemerintah Kabupaten Lumajang Dalam Pemenuhan Hak Kesehatan Anak Melalui Program Kantin Sekolah Sehat. Vol4. No.2.

Purwanto, Antonius. 2020. Potret Pemenuhan Hak-Hak Anak Indonesia. https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/potret-pemenuhan-hak-hak-anak-indonesia. diakses pada 24 Febrari 2020, Pukul 11:38.

Sugiyanto. 2015. Manajemen Parenting Untuk Remaja. Vol.4. No.1.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Edisi Revisi 2015). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jefa.v12i1.51666

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jefa/index