KEEFEKTIFAN MERDEKA BELAJAR TERHADAP WILAYAH 3T DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstract
Pendidikan karakter tidak hanya untuk mencerdaskan peserta didik, tetapi juga bertujuan agar peserta didik memiliki kepribadian dan tata krama. Sehingga bisa menjadi anggota masyarakat yang baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Karya tulis ilmiah ini menggunakan metode literature review atau bersifat pustaka, data dijabarkan secara deskriptif. Berdasarkan pengumpulan data, keefektifan merdeka belajar akan lebih maksimal jika adanya gambaran dan contoh konkret bagi peserta didik. Sehingga solusi dari permasalahan ini diharapkan pemerintah melakukan pemerataan pendidikan di seluruh negara Indonesia, sehingga mampu berjalan dengan maksimal. Hasil penelitian menunjukan berbagai jenis data mengenai wilayah 3T, mulai dari data daerah 3T hingga data guru di wilayah 3T. Pembahasan akan meliputi wilayah 3T, karakter peserta didik di wilayah 3T dan upaya peningkatan Pendidikan karakter di wilayah 3T. Melalui penelitian ini menunjukan bahwa dengan merdeka belajar, upaya pemerintah untuk meningkatkan karakter peserta didik khusus nya di wilayah 3T bisa terus berkembang dan menghasilkan peserta didik yang berkarakter
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. (2013). Perluasan dan Pemerataan Akses Kependidikan Daerah 3T. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.4603.154
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.
Daud, D., & Triadi, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Evaluation in Education (JEE), 2(4), 134–139. https://doi.org/10.37251/jee.v2i4.239
Diana, D., & Ruhama, U. (2019). Penerapan Metode Farming Gardening Project Dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini Di Daerah Terpencil Kalimantan Barat. … Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7–20. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/4413
Eliya, I., Dewi, C. A., Lida, U. M., Aryanti, S., Utami, R., Balik, L. M., Kodrat, H., Fatwa, A., Anantyarta, P., Solikhah, A., Razali, R., Supriadi,
Mardhiah, A., Azhari, Ulfah, A. K., Ningsih, K., Wahyuni, S., Karsono, L. D. P., Nasution, M. S.,
Hanim, M. I. J. (2021). Strategi Peningkatan SDM Unggul Berdaya Saing Selama Pandemi. In Strategi Peningkatan SDM Unggul Berdaya Saing Selama Pandemi (Issue November). https://www.researchgate.net/publication/356308217
Heryadi, E. S., Nurasiah, I., & Amalia, A. R. MODEL DISEL: DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER KEDISIPLINAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 778-789.
Irwan, M., Rosdiana, R., & Nainggolan, E. (2022). Kapita Selekta Pendidikan Masyarakat. Bayfa Cendekia Indonesia.
Marisa, M. (2021). Curriculum innovation “independent learning” In the era of society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 5(1).
Nafi’ah, U. (2016). Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Wiwitan di Desa Jipang. dalam Jurnal Unesa, 1(8), 3.
Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Prasetya, D. S. B., Marisi, C. G., Noyita, E., & Heeng, G. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi Pelaksanaan Merdeka Belajar Pada Masa Pandemi di Daerah 3T. Didaxei, 3. http://ejournal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/495%0Ahttp://ejournal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/viewFile/495/234
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830-838.
Sabriadi, H. R., & Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 175-184.
DOI: https://doi.org/10.24114/jefa.v11i2.51706
Article Metrics
Abstract view : 132 timesPDF - 94 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher :
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jefa/index