STRATEGI PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK DI RUMAH SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Sudirman Sudirman, Emelia Desmawati Silaban

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendampingan belajar anak di rumah selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dengan kriteria yang ditetapkan dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa strategi pendampingan anak belajar di rumah ada 5 yaitu: 1) Menyediakan fasilitas belajar 2) Mengawasi kegiatan belajar anak di rumah 3) Mengawasi penggunaan waktu belajar anak di rumah 4) Mengawasi kesulitan yang dihadapi anak dan 5) Menolong anak dalam mengatasi kesulitan belajar. Terkait dengan ke -5 strategi pendampingan belajar tersebut bahwa para orangtua telah melakukan pendampingan belajar secara aktif, meskipun masih didominasi oleh para ibu. Ibu berusaha bergabung dan memberikan pengajaran, pemantauan dan pengawasan di sela-sela kesibukannya mencari nafkah. Pendampingan orangtua dalam mempersiapkan belajar anak merupakan upaya orangtua untuk mendampingi, memberikan bantuan, dalam mengatasi masalah anak ketika belajar, memberikan dukungan, memberikan inspirasi, dorongan, pengawasan dan memberikan fasilitas kepada anak supaya anak tetap semangat belajar.


Full Text:

PDF

References


Abu,Ahmadi. 1991. Sosiologi Pendidikan.

Jakarta : Rineka Cipta

A.Noeng Muhadjir. (1996). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:Rake Sarasia

Ahsani, E. L., F. (2020). Strategi Orang Tua Dalam Mengajar Dan Mendidik Anak Dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al Athfal, 3(1), 37-46.

Ardiawan, I. K. N. & Heriawan, I. G. T. (2020). Pentingnya Komunikasi Guru Dan Orang Tua Serta Strategi PMP Dalam Mendukung Pembelajaran Daring. Danupati: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 95-105.

Ashari, M. 2020. Proses Pembelajaran Daring Ditengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal.www.pikiran.rakyat.com diakses 31 Maret 2021

Cahyati, Nika Dan Kussumah, Rita. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age.04(1):153

Cahyati. N & Kusunah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah. Universitas Hamzanwadi. Jurnal Galden Age

Deslandes, R., & Syilvie, B. (2016). Revisiting The Challenges Linked To Parenting Home-School Relationship At The High School Level. Canadian Journal Of Education Vol.39 No.4, 1-32.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadapt Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dina, Lia Nur Atiqoh Bela. (2020). “Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19”, Dalam Jurnal

Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 02, No. 1, Tahun 2020

Dwi, P.F.A (2018). Pendampingan Orangtua Dalam Proses Belajar Anak. Yogyakarta

Ega, S.A. 2017. Pendampingan Anak Dalam Keluarga Di TK Pertiwi Kebasen Kabupaten Banyumas. Skripsi UNY

Fadilah, Eri Rizkiyanti. 2019. Pengaruh Pendampingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Deskriftif Kuantitatif Dilakukan Di SD Negeri Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Skripsi. FKIP Unpas

Gustinova, Naslen. 2021. Strategi Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kemandirian Dan Kedisiplinan Belajar Daring Siswa Saat Pandemi Covid-19 (Studi Lapangan Di Telaga Dewa 7 RT 14 RW 03 Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu) Skripsi. Pendidikan Guru Madrasag Ibtidaiyah Fak Tarbiyah Dan Tadris. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu

Handarini, Oktafia Ika Dan Wulandari,Siti Sri. (2020) .Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Studi From Home (Sfh) Selama Pandemi Covid-19.Jurnal Pendidikan Adm Perkantoran.8(03):498.

Handayani, Tri. 2020. Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Pembelajaran Daring Di Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah:Fak Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Salatiga

Handayani, Tri. 2020. Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Pada Pembelajaran Daring Di Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga

Hendra Suhendra. (2007). Praktik yang Baik dalam Fasilitas dan Pendampingan.Jakarta: Tiga Serangkai

Iftitah, S. I., & Anawaty, M. E. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jce (Journal Of Childhood Education), 4(2), 71-81. https://doi.org/10,30736/jce.v5i2.256

Image, Erwina. dan Atmaja, Ketut. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TK Syarif Hidayatullah Pasuruan. Jurnal J+PLUS UNESA, Vol 10, Nomor 1. Pendidikan Luar Sekolah: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Kartika, Chlarasinta Duri.2019. Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak.Skripsi Magister Psikologi:Pancasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khasanah, Musmirotun.2021.Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Diponegoro 1 Kutawis Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga.Skripsi.Pendidikan Islam Anak Usia Dini:Fak Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Purwokerto.

Kurniati, Euis. Dkk. (2021). Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Dimasa Pandemi Covid-29.Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.5(1):243




DOI: https://doi.org/10.24114/jefa.v11i2.51707

Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jefa/index