HUBUNGAN SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DENGAN KELANJUTAN PENDIDIKAN ANAK DI DESA KLAMBIR LIMA

Authors

  • Amoi Boangmanalu Prodi Pendidikan Ekonomi, Universitas Nias Raya

DOI:

https://doi.org/10.24114/jefa.v12i2.58948

Keywords:

anak, pendidikan, sosial ekonomi, orang tua

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui keadaan sosial ekonomi orangtua anak usia 15-18 tahun (2) Untuk mengetahui besar kecilnya laju anak dalam melanjutkan  pendidikan (3) Untuk mengetahui hubungan  sosial ekonomi orangtua dengan kelanjutan pendidikan anak usia 15-18 tahun di Dusun XIX Germenia Desa Klambir Lima Kebun Kabupaten Deli Serdang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif asosiatif denga menggunakan metode survey untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan) tetapi dengan melakukan perlakuan dalam pengumpulan data misalnya dengan mengedarkan kuesioner, test, wawancara terstruktur dan sebagainya. Penelitian korelasional yang merupakan  bertujuan untuk mengetahui atau memperoleh informasi tentang hubungan variabel bebas dengan variabel terikatPopulasi dalam penelitian ini seluruh orangtua yang memiliki anak usia 15-18 tahun yang berjumlah 127, sampel 32 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sosial ekonomi orang tua dengan kelanjutan pendidikan anak di Desa Germenia Klambir Lima Kebun Kabupaten Deli Serdang dengan tingkat koefisien korelasi 0,970 yaitu termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hal ini memperjelas bahwa semakin tinggi tingkat sosial ekonomi orang tua maka semakin besar peluang anaknya untuk melanjutkan pendidikan.

References

Ali, M., Prawening, C., Visi, M. S.-J. I., & 2020, Undefined. (N.D.). Inovasi Model Pembelajaran Jarak Jauh Program Kesetaraan Paket C Di Masa Pandemi Covid-19. Journal.Unj.Ac.Id. Diambil 24 Februari 2023, Dari Http://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Jiv/Article/View/17535

An, G., Wang, J., & Yang, Y. (2019). Chinese Parents’ Effect On Children’s Math And Science Achievements In Schools With Different Ses. Journal Of Comparative Family Studies, 50(2), 139–161. Https://Doi.Org/10.3138/Jcfs.50.2.003

Arikunto, S. (1987). Penelitian Kualitatif. Garafimedia.

Creswell, J. (2014). Qualitative, Quantitative And Mixed Methods Approaches (V. Knight (Ed.); 4 Ed.). Sage Publication. Http://155.0.32.9:8080/Jspui/Bitstream/123456789/1091/1/Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches ( Pdfdrive )-1.Pdf

De Witte, K., Cabus, S., Thyssen, G., Groot, W., & Van Den Brink, H. M. (2013). A Critical Review Of The Literature On School Dropout. Educational Research Review, 10, 13–28.

Hascher, T., & Hadjar, A. (2018). School Alienation–Theoretical Approaches And Educational Research. Educational Research, 60(2), 171–188.

Irwan, M., Rosdiana, R., & Nainggolan, E. (2022). Kapita Selekta Pendidikan Masyarakat. Https://Www.Google.Com/Books?Hl=Id&Lr=&Id=A7qbeaaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pa17&Dq=Mahfuzi+Irwan&Ots=Zpls4kks46&Sig=L8ulrabqrtgzkcs8ufwhgqsrn0e

Monje, D. R. (2021). Chronic Absenteeism: A Challenge To Make Education Equitable. Unpublished Master’s Thesis]. California State Polytechnic University, Pomona.

Nainggolan, E., & Irwan, M. (2018). Identification Of Non-Education Tutors Difficulty In Education Process Of Learning Study Groups. Journal Of Nonformal Education, 4(2), 161–168. Https://Doi.Org/10.15294/Jne.V4i2.16004

Nainggolan, E., Kanta, K. J., Rosdiana, R., & Irwan, M. (2022). Parents’ Perceptions Of Children’s Learning Activities At Home During The Covid-19 Pandemic In Gang Serasi, Berastagi District. Budapest International Research And Critics Institute-Journal (Birci-Journal), 5(2), 10971–10978.

Program, E., Kesetaraan, P., Bagi, P. A., Putus, A., Di, S., Gorontalo, K., Nurhayati, L., & Suprapto, S. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket A Bagi Anak Putus Sekolah Di Kabupaten Gorontalo. Journal.Umgo.Ac.Id. Https://Doi.Org/10.31314/Pjia.9.2.168-175.2020

Ramsdal, G. H., & Wynn, R. (2024). Do Two Weeks In A Learning Camp After Ninth Grade Make A Difference? Experiences Of Demotivated Boys With An Increased Risk Of School Dropout. Behavioral Sciences (2076-328x), 14(3), 189. Https://Doi.Org/10.3390/Bs14030189

Rauf, S. (Lembaga P. M. P. G. (2017). Reaktualisasi Pendidikan Kesetaraan Melalui Implementasi Kurikulum 2013. In M. Hamid Isa, Abd Napu, Yakob Zubaidi (Ed.), Reaktualisasi Pendidikan Luar Sekolah Sebagai Pemberdayaan Masyarakat (Hal. 4–248). Ung Press. Https://Repository.Ung.Ac.Id/Get/Karyailmiah/769/Prosiding-Seminar-Nasional-Pls-Partisipasi-Anggota-Kelompok-Pengajian-Pada-Kegiatan-Belajar-Keaksaraan-Fungsional-Di-Kabupaten-Pamekasan.Pdf#Page=40

Rumberger, R. W. (2004). Why Students Drop Out Of School. Dropouts In America: Confronting The Graduation Rate Crisis, 131–155.

Septiadi, Dudi Nursan, M. (2020). Pengentasan Kemiskinan Indonesia: Analisis Indikator Makroekonomi Dan Kebijakan Pertanian. Jurnal Hexagro, 4(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.18326/Muqtasid.V10i1.57

Sugiarto, S., Triandini, E., Nuryananda, P. F., Yonce, A. F. E., Putra, C. A., & Rizki, A. M. (2022). Pendampingan Pemetaan Dan Pengemasan Wisata Cagar Budaya Di Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(3), 74–78. Https://Doi.Org/10.51214/Japamul.V2i3.299

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Wu, F., Guo, Y., Zheng, Y., Ma, W., Kowal, P., Chatterji, S., & Wang, L. (2016). Social-Economic Status And Cognitive Performance Among Chinese Aged 50 Years And Older. Plos One, 11(11), 1–9. Https://Doi.Org/10.1371/Journal.Pone.0166986

Zając, T., Perales, F., Tomaszewski, W., Xiang, N., & Zubrick, S. R. (2024). Student Mental Health And Dropout From Higher Education: An Analysis Of Australian Administrative Data. Higher Education (00181560), 87(2), 325–343. Https://Doi.Org/10.1007/S10734-023-01009-9

Downloads

Published

28-12-2023

How to Cite

Boangmanalu, A. (2023). HUBUNGAN SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DENGAN KELANJUTAN PENDIDIKAN ANAK DI DESA KLAMBIR LIMA. Journal Education for All: Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 52–58. https://doi.org/10.24114/jefa.v12i2.58948