ASPIRASI WARGA BINAAN TERHADAP PROGRAM TERPADU PENINGKATAN PERANAN WANITA MENUJU KELUARGA SEHAT SEJAHTERA

Elvina Novita

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aspirasi warga binaan terhadap program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sejahtera (2) mengetahui aspirasi positif yang merupakan keinginan warga masyarakat untuk meraih kemajuan di masa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif asosiatif denga menggunakan metode survey untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan) tetapi dengan melakukan perlakuan dalam pengumpulan data misalnya dengan mengedarkan kuesioner, test, wawancara terstruktur dan sebagainya. Penelitian korelasional yang merupakan  bertujuan untuk mengetahui atau memperoleh informasi tentang hubungan variabel bebas dengan variabel terikatPopulasi dalam penelitian ini seluruh orangtua yang memiliki anak usia 15-18 tahun yang berjumlah 127, sampel 32 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sosial ekonomi orang tua dengan kelanjutan pendidikan anak di Desa Germenia Klambir Lima Kebun Kabupaten Deli Serdang dengan tingkat koefisien korelasi 0,970 yaitu termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hal ini memperjelas bahwa semakin tinggi tingkat sosial ekonomi orang tua maka semakin besar peluang anaknya untuk melanjutkan pendidikan.                                                                                              

Kata Kunci: anak, pendidikan, sosial ekonomi, orang tua

Full Text:

PDF

References


Irwan, M, Rosdiana, R., & Nainggolan, E. (2022). Kapita Selekta Pendidikan Masyarakat. Bayfa Cendikia. https://www.google.com/books?hl=id&lr=&id=a7qbEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA17&dq=mahfuzi+irwan&ots=zPLS4KkS46&sig=l8ULraBqrTgzKCs8UfwhgQSrn0E

Irwan, Mahfuzi, Rosdiana, R., & Kurniawan, F. (2020). Pendampingan ibu rumah tangga (IRT) dalam inovasi produk limbah lidi kelapa sawit sebagai penghasilan tambahan pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Education For All: Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 27–32.

Nainggolan, E., & Irwan, M. (2018). Identification of Non-Education Tutors Difficulty In Education Process Of Learning Study Groups. Journal of Nonformal Education, 4(2), 161–168. https://doi.org/10.15294/jne.v4i2.16004

Nurlatifah, D. A., Sumpena, D., & Hilman, F. A. (2020). Proses Pemberdayaan Perempuan pada Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta). Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i1.9463

Rosdiana, R., Saragih, M. I., Pasaribu, P. Y., Siringoringo, V. A. S., & Sipahutar, G. (2021). ANALISIS MASALAH IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN NON-FORMAL DI LKP PISTAR MEDAN. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 15(2), 71–79.

Saiful Rizal, A. (2023). Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Era Digital. Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 14(1), 11–28. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.329

Saputro, B., & Ardhiansyah, F. (2018). Preliminary research on environmental literacy and conservation toward eco-tourism through the community learning centre. Sustinere: Journal of Environment and Sustainability, 2(3), 144–155. https://doi.org/10.22515/SUSTINERE.JES.V2I3.44

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Widiyawati, A. T. (2020). Model Pengembangan Pemberdayaan Pengetahuan (Studi pada Perpustakaan Desa Paseban, Kec. Kencong, Kab. Jember). Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(1), 77. https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1312

Zuhri Ernada, S. E., Dody Molasy, H., Dwi Eriyanti, L., Nur Budiman, B., & Dewi Safitri, B. (2022). The Prevention of Child Marriage Through The Women’s School To Improve Quality of Life (Sekoper PKH) In Mengen Village, Bondowoso Regency. Devotion : Journal of Research and Community Service, 3(14), 2652–2658. https://doi.org/10.36418/dev.v3i14.323




DOI: https://doi.org/10.24114/jefa.v12i2.58949

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jefa/index
slot gacor slot