STUDI LITERATUR: URGENSI KURIKULUM PENDIDIKAN NONFORMAL UNTUK MASYARAKAT TERDAMPAK ERUPSI SINABUNG
DOI:
https://doi.org/10.24114/jefa.v13i1.59446Keywords:
erupsi sinabung, kurikulum, pendidikan noformal, masyarakatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Erupsi (letusan) gunung api merupakan salah satu bencana alam yang membawa korban cukup banyak. Subjek penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Informasi dalam penelitian ini diambil dari Petugas BNPB, Petugas komunitas lokal, dan anggota masyarakat korban bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi keadaan masyarakat yang terkena letusan Gunung Sinabung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akibat dari erupsi Sinabung adalah masalah yang terkait dalam bidang pendidikan anak-anak. Hal ini disebabkan oleh rusaknya bangunan sekolah dan fasilitas sekolah yang tidak dapat digunakan lagi. Melihat dari hal tersebut maka diperlukan penanganan dari pihak pemerintah dalam mengatasi masalah ini demi untuk menumbuh kembangkan potensi kemanusiaan masyarakat agar dapat berjalan dengan baik.References
Alhamuddin. (2019). Politik kebijakan pengembangan kurikulum di Indonesia: sejak zaman kemerdekaan hingga reformasi (1947-2013). Kencana.
Daulay, W., … M. N.-J. M., & 2021, undefined. (n.d.). Perkembangan Psikososial Anak dan Remaja Pasca Erupsi Sinabung di Kabupaten Karo. E-Journal.Sari-Mutiara.Ac.Id. Retrieved December 2, 2024, from http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/NERS/article/view/1369
H Syafitri. (2023). Psychological First Aid (Pfa) Pada Korban Erupsi Gunung Sinabung Di Kabupaten Karo. Jubdimas (Jurnal Pengabdian, 10(2), 11–20. https://jurnal.tunggatama.co.id/index.php/jubdimas/article/view/81
Indirawati, S. (2021). Analisis Risiko Kesehatan Paparan Timbal pada Air Minum Masyarakat di Wilayah Eks Erupsi Sinabung Kecamatan Simpang Empat Karo. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/33085
Iqlima, I. (2020). Problem penerapan kurikulum mata pelajaran umum pada pendidikan kesetaraan di Pondok Pesantren Salafiyah se-Kotawaringin Timur. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2932
Irwan, M., Anggreni, A., Sunita, J., & Suhdi, H. (2022). Life Skills Education Through Non-Formal Education For People With Physical Disabilities. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 235–242.
Ketaren, Y., … F. L.-J. A., & 2022, undefined. (n.d.). Strategi Pemulihan Pasca Bencana Erupsi Gunung Sinabung Di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Ejournal.Unsrat.Ac.Id. Retrieved December 2, 2024, from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/download/44594/38843
Lestari, P., Komunikasi, H. R.-B. J. M. I., & 2020, undefined. (n.d.). Menyingkap perspektif tunggal dalam komunikasi bencana erupsi Gunung Sinabung Melalui Detik. Com. Journal.Ubm.Ac.Id. Retrieved December 2, 2024, from https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage/article/view/1980
Syafrizaldi, S., … D. H.-… D. K. (J-P., & 2023, undefined. (n.d.). Gambaran Resiliensi Pada Remaja Penyintas Erupsi Gunung Sinabung Kabupaten Karo. Jurnalp3k.Com. Retrieved December 2, 2024, from http://jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/article/view/202
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.