STUDI LITERATUR: URGENSI KURIKULUM PENDIDIKAN NONFORMAL UNTUK MASYARAKAT TERDAMPAK ERUPSI SINABUNG

Authors

  • Laura Tarigan Universitas Negeri Medan
  • Mahfuzi Irwan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jefa.v13i1.59446

Keywords:

erupsi sinabung, kurikulum, pendidikan noformal, masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Erupsi (letusan) gunung api merupakan salah satu bencana alam yang membawa korban cukup banyak. Subjek penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Informasi dalam penelitian ini diambil dari Petugas BNPB, Petugas komunitas lokal, dan anggota masyarakat korban bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi keadaan masyarakat yang terkena letusan Gunung Sinabung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akibat dari erupsi Sinabung adalah masalah yang terkait dalam bidang pendidikan anak-anak. Hal ini disebabkan oleh rusaknya bangunan sekolah dan fasilitas sekolah yang tidak dapat digunakan lagi. Melihat dari hal tersebut maka diperlukan penanganan dari pihak pemerintah dalam mengatasi masalah ini demi untuk menumbuh kembangkan potensi kemanusiaan masyarakat agar dapat berjalan dengan baik.

References

Alhamuddin. (2019). Politik kebijakan pengembangan kurikulum di Indonesia: sejak zaman kemerdekaan hingga reformasi (1947-2013). Kencana.

Daulay, W., … M. N.-J. M., & 2021, undefined. (n.d.). Perkembangan Psikososial Anak dan Remaja Pasca Erupsi Sinabung di Kabupaten Karo. E-Journal.Sari-Mutiara.Ac.Id. Retrieved December 2, 2024, from http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/NERS/article/view/1369

H Syafitri. (2023). Psychological First Aid (Pfa) Pada Korban Erupsi Gunung Sinabung Di Kabupaten Karo. Jubdimas (Jurnal Pengabdian, 10(2), 11–20. https://jurnal.tunggatama.co.id/index.php/jubdimas/article/view/81

Indirawati, S. (2021). Analisis Risiko Kesehatan Paparan Timbal pada Air Minum Masyarakat di Wilayah Eks Erupsi Sinabung Kecamatan Simpang Empat Karo. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/33085

Iqlima, I. (2020). Problem penerapan kurikulum mata pelajaran umum pada pendidikan kesetaraan di Pondok Pesantren Salafiyah se-Kotawaringin Timur. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2932

Irwan, M., Anggreni, A., Sunita, J., & Suhdi, H. (2022). Life Skills Education Through Non-Formal Education For People With Physical Disabilities. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 235–242.

Ketaren, Y., … F. L.-J. A., & 2022, undefined. (n.d.). Strategi Pemulihan Pasca Bencana Erupsi Gunung Sinabung Di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Ejournal.Unsrat.Ac.Id. Retrieved December 2, 2024, from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/download/44594/38843

Lestari, P., Komunikasi, H. R.-B. J. M. I., & 2020, undefined. (n.d.). Menyingkap perspektif tunggal dalam komunikasi bencana erupsi Gunung Sinabung Melalui Detik. Com. Journal.Ubm.Ac.Id. Retrieved December 2, 2024, from https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage/article/view/1980

Syafrizaldi, S., … D. H.-… D. K. (J-P., & 2023, undefined. (n.d.). Gambaran Resiliensi Pada Remaja Penyintas Erupsi Gunung Sinabung Kabupaten Karo. Jurnalp3k.Com. Retrieved December 2, 2024, from http://jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/article/view/202

Published

30-06-2024

How to Cite

Tarigan, L., & Irwan, M. (2024). STUDI LITERATUR: URGENSI KURIKULUM PENDIDIKAN NONFORMAL UNTUK MASYARAKAT TERDAMPAK ERUPSI SINABUNG. Journal Education for All: Media Informasi Ilmiah Bidang Pendidikan Luar Sekolah, 13(1), 13–23. https://doi.org/10.24114/jefa.v13i1.59446

Issue

Section

Articles