PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI TK AMIR HAMZAH MEDAN

Nurul Putri Harianti, Sariana Marbun, Santa Murni Asih Situmorang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Amir Hamzah Medan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen bentuk The Equivalent Time Sample Design. Sampel berjumlah 11 anak yang dipilih menggunakan teknik saturation sampling. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi yang memuat deskriptor perkembangan motorik kasar dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam capaian motorik kasar anak setelah diberi perlakuan. Pada observasi awal, mayoritas anak berada dalam kategori "mulai berkembang" (MB). Setelah serangkaian perlakuan, jumlah anak dalam kategori "berkembang sangat baik" (BSB) meningkat hingga 100% pada perlakuan terakhir. Permainan engklek terbukti efektif melatih kekuatan, keseimbangan, dan kelincahan anak, sebagaimana didukung teori perkembangan motorik kasar menurut Vygotsky dan Piaget, serta penelitian sebelumnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan tradisional engklek secara signifikan meningkatkan motorik kasar anak usia dini. Selain mendukung aspek fisik, permainan ini juga memperkaya pengalaman belajar anak dengan cara yang menyenangkan. Temuan ini merekomendasikan pengintegrasian permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini untuk mendukung perkembangan holistik.

 Kata Kunci: motorik kasar, permainan tradisional engklek, anak usia dini  


Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. D. (2022). Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini. Kediri: CV Kreator Cerdas Indonesia.

Apriani, T. (2022). Permainan Tradisional dan Perkembangan Motorik Anak. Dalam Darmawati & Widyasari (Eds.), Permainan Tradisional untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 14-21.

Bintoro , Y., & Nugraheningsih, G. (2021). Kontribusi Kelentukan, Kekuatan, Dan Daya Tahan Atlet Gulat Sasana Bantul. Jurnal Olympia, 26-36.

Chan, F. (2012). Strength Training (Latihan Kekuatan). Jurnal Cerdas Sifa, 1-8.

D.P, A. M., NLK, I., & NK, K. D. (2015). Optimalisasi Kelenturan (Flexibelity), Keseimbangan (Balance), dan kekuatan (Strength) Tubuh Manusia Secara Instan dengan Menggunakan "Secret Method". Jurnal Virgin, 40-49.

Darmawati, N. B., & Widyasari, C. (2022). Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6827-6826.

Ekayanti, & Servista. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Foot Print Game di TK Negeri Pembina Pancur Batu T.A 2021/2022. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 152-158.

Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. RAUDHAH.

Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Gresik: Caramedia Communication.

Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 717-733.

Hidayanti, M. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak

Melalui Permainan Bakiak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 195-200.

Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: KENCANA.

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: KENCANA.

Kusyanto, Y. (1996). Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan 3. Bandung: GANECA EXACT BANDUNG.

Muhyi, M., Hartono, Budiyono, S. C., Satianingsih, R., Sumardi, Rifai, I., et al. (2018). Metodologi Penelitian. Surabaya: Adi Buana University Press.

Mulyani, N. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: DIVA Press.

Mulyani, S. (2013). 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: LANGENSARI PUBLISHING.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 86-96.

Makleat, N. (2021). Hambatan perkembangan kognitif anak usia dini selama masa belajar dari rumah (BDR) Early Childhood Cognitive Development Barrier while Learning from Home. Journal of Millenial Community, 3, 24–29.

Purba, A., Kartika, E., TANO, D. B.-M., & 2020, undefined. (2020). Pembinaan Kelompok Remaja Melalui Edukasi & Peer Educators Kesehatan Reproduksi Di Desa Tanjung Rejo. lonsuit.unismuhluwuk.ac.id, 3(1). http://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/monsuan/article/view/509

Rosdiana, A. L., & Irwan, M. (2020). Penggunaan Alat Permainan Edukatif Di Taman Kanak-Kanak Generasi Amanah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Journal of Millennial Community, 2(2), 71–76.

Maghfiroh, R., Wulandari, R., & Damayanti, A. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 104-115.

Mulyani, T. (2013). Pentingnya Permainan Tradisional dalam Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Indeks.

Pratiwi, W. C., & Munawar, M. (2014). Peningkatan Keseimbangan Tubuh Melalui Berjalan Di Atas Versa Disc Pada Anak Kelompok B PAUD Taman Belia Candi Semarang. Jurnal Penelitian PAUDIA, 40-62.

Pratiwi, Y., & Kristanto, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Keseimbangan Tubuh) Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Kelompok B Tunas Rimba II Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian AUDIA, 18-39.

Putri, E. E., Chairilsyah, D., & Hukmi. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Bakiak Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nurul Huda Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa, 1-15.

Piaget, J. (1962). Play, Dreams and Imitation in Childhood. New York: W.W. Norton & Company.

Santrock, J. W. (2011). Life-span Development (13th ed.). New York: McGraw-Hill.

Sulistyo, B., Pudyaningtyas, R., & Sholeha, D. (2021). Motorik Kasar Anak Usia Dini: Perspektif dan Pendekatan Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Rahman, T., Herlina, H., & Salsabila. (2022). Perkembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Bermain Jejak Kaki. TULIP: Jurnal Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Banten , 93-104.

Saputri, E. M., Evia, D., & Sinaga, S. I. (2019). Implementasi Permainan Tradisional (Petak Umpet) Topeng Hewan Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5 Sampai 6 Tahun Kelompok B Di PAUD TAAM Muhajirin Palembang. PERNIK Jurnal PAUD, 66-77.

Sarwono, J., & Budiono, H. (2012). Statistika Terapan Aplikasi untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi Menggunakan SPSS, AMOS, dan EXEL. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Setiawati, S., Indarto, W., & Novianti, R. (t.thn.). Kemampuan Fisik Motorik Kasae Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 1 Pekanbaru.

Sulistyo, I. T., Pudyaningtyas, A. R., & Sholeha, V. (2021). Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 156-161.

Sumarsono, R. N. (2022). Permainan Tradisional Nusantara. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Widiastuti, I., & Kartika, N. (2019). Analisis Peran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 87-95.

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA.

Zubaidah, R., & Pratiwi, D. (2020). Penggunaan Metode Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 8(3), 56-65.




DOI: https://doi.org/10.24114/jefa.v13i1.60255

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jefa/index
slot gacor slot