EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 101800 DELI TUA T.A 2017/2018

Authors

  • Nurhairani Nurhairani Program Studi PGSD FIP Universitas Negeri Medan
  • Dara Gia Anggraini Program Studi PGSD FIP Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10340

Abstract

Abstrak: Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 101800 Deli Tua T.A 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 101800 Deli Tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Dari analisis data model pembelajaran Problem Based Learning dapat dinyatakan efektif secara signifikan dengan thitung > ttabel. Berdasarkan hasil analisis data statistik dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 101800 Deli Tua.

Downloads

Published

2018-08-07

How to Cite

Nurhairani, N., & Anggraini, D. G. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 101800 DELI TUA T.A 2017/2018. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(3), 1–7. https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10340

Issue

Section

Articles