MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SD SWASTA RGM BESITANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Wesly Silalahi, Adrina Adrina

Abstract


Abstrak: Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas IV SD Swasta Raja Garuda Mas Besitang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa pada pelajaran IPS materi pokok Permasalahan Sosial di Daerah di kelas IV SD Swasta Raja Garuda Mas Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Swasta Raja Garuda Mas Besitang yang berjumlah 33 orang siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan sosial IPS siswa di kelas IV SD Swasta Raja Garuda Mas Besitang Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Problem Based Learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10341

Article Metrics

Abstract view : 288 times
PDF - 647 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International