MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SD SWASTA RGM BESITANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Abstrak: Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas IV SD Swasta Raja Garuda Mas Besitang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa pada pelajaran IPS materi pokok Permasalahan Sosial di Daerah di kelas IV SD Swasta Raja Garuda Mas Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Swasta Raja Garuda Mas Besitang yang berjumlah 33 orang siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan sosial IPS siswa di kelas IV SD Swasta Raja Garuda Mas Besitang Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Problem Based Learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10341
Article Metrics
Abstract view : 334 timesPDF - 730 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Universitas Negeri Medan
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id