EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED-HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN BENDUNGAN SEMARANG

Authors

  • Lilik Ovi Arista PGSD FIP Universitas PGRI Semarang
  • Agung Handayanto PGSD FIP Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10383

Abstract

Abstrak : Efektivitas Model Pembelajaran Numbered-Head Together Berbantu Media Permainan Tradisional Engklek Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III SDN Bendungan Semarang. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar dari model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran Numbered-Head Together berbantu media permainan tradisional engklek, serta mengetahui efektivitas model pembelajaran Numbered-Head Together berbantu media permainan tradisional engklek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SD Negeri Bendungan Semarang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis awal dan akhir yang menggunakan uji normalitas dan uji beda t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa setelahmenggunakan model pembelajaran Numbered Head Together berbantu media permainan tradisional engklek.

Author Biographies

Lilik Ovi Arista, PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

Agung Handayanto, PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

Aries Tika Damayani, PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

Downloads

Published

2018-08-07

How to Cite

Arista, L. O., Handayanto, A., & Damayani, A. T. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED-HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN BENDUNGAN SEMARANG. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(3), 47–56. https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10383

Issue

Section

Articles