EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED-HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN BENDUNGAN SEMARANG

Lilik Ovi Arista, Agung Handayanto, Aries Tika Damayani

Abstract


Abstrak : Efektivitas Model Pembelajaran Numbered-Head Together Berbantu Media Permainan Tradisional Engklek Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III SDN Bendungan Semarang. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar dari model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran Numbered-Head Together berbantu media permainan tradisional engklek, serta mengetahui efektivitas model pembelajaran Numbered-Head Together berbantu media permainan tradisional engklek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SD Negeri Bendungan Semarang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis awal dan akhir yang menggunakan uji normalitas dan uji beda t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa setelah
menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together berbantu media permainan tradisional engklek.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10383

Article Metrics

Abstract view : 578 times
PDF - 590 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International