PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) BERBANTU PERMAINAN TRADISIONAL “BAKIAK” TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI MLILIR 02

Emy Kurniyatun, Ibnu Fatkhu Royana

Abstract


Abstrak : Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
Berbantu Permainan Tradisional “Bakiak” Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa
Kelas V SD Negeri Mlilir 02. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model TGT berbantu Permainan Tradisional “Bakiak” terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Mlilir 02. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Pre-Experimental Designs. Bentuk desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Mlilir 02 dengan jumlah 24 siswa. Perhitungan
hasil analisis uji-t diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,43> 2,06 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model TGT berbantu permainan tradisional “bakiak” berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Mlilir 02.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10384

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 266 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International