KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTU MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III SD NEGERI 3 PURWAREJA KLAMPOK

Dian Idata Tarenda, Qoriati Mushafanah, Muhajir Muhajir

Abstract


Abstrak: Keefektifan Model Pembelajaran Student facilitator and explaining Berbantu Media Diorama terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III SD Negeri 3 Purwareja Klampok. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) sebanyak 50% dari 20 siswa SD Negeri 3 Purwareja Klampok nilai UTS tidak lulus KKM, (2) sebanyak 80% siswa dari 20 siswa SD Negeri 3 Purwareja Klampok tidak menyukai pembelajaran IPS (3) siswa hanya sebagai pendengar yang menimbulkan pembelajaran yang pasif, (4) guru belum menggunakan media pembelajaran , dan (5) guru belum pernah menggunakan model student facilitator and explaining berabantu media diorama. Berdasaran hasil penelitian, diperoleh ketuntasan belajar perorangan dalam kelas eksperimen yaitu 20 siswa tuntas dengan presentase 100% dan nilai rata-rata 78,5. Dengan demikian dapat disimpulkan model student facilitator and explaining berbantu media diorama efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 3 Purwareja Klampok.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10390

Article Metrics

Abstract view : 264 times
PDF - 243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International