KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTU MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III SD NEGERI 3 PURWAREJA KLAMPOK

Authors

  • Dian Idata Tarenda PGSD FIP Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah PGSD FIP Universitas PGRI Semarang
  • Muhajir Muhajir PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10390

Abstract

Abstrak: Keefektifan Model Pembelajaran Student facilitator and explaining Berbantu Media Diorama terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III SD Negeri 3 Purwareja Klampok. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) sebanyak 50% dari 20 siswa SD Negeri 3 Purwareja Klampok nilai UTS tidak lulus KKM, (2) sebanyak 80% siswa dari 20 siswa SD Negeri 3 Purwareja Klampok tidak menyukai pembelajaran IPS (3) siswa hanya sebagai pendengar yang menimbulkan pembelajaran yang pasif, (4) guru belum menggunakan media pembelajaran , dan (5) guru belum pernah menggunakan model student facilitator and explaining berabantu media diorama. Berdasaran hasil penelitian, diperoleh ketuntasan belajar perorangan dalam kelas eksperimen yaitu 20 siswa tuntas dengan presentase 100% dan nilai rata-rata 78,5. Dengan demikian dapat disimpulkan model student facilitator and explaining berbantu media diorama efektif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 3 Purwareja Klampok.

Author Biographies

Dian Idata Tarenda, PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

Qoriati Mushafanah, PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

Muhajir Muhajir, PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

PGSD FIP Universitas PGRI Semarang

Downloads

Published

2018-08-07

How to Cite

Tarenda, D. I., Mushafanah, Q., & Muhajir, M. (2018). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTU MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III SD NEGERI 3 PURWAREJA KLAMPOK. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(3), 94–99. https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10390

Issue

Section

Articles