PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Metta Ariyanto PGDS FKIP Universitas Kristen Satya Wacana
  • Firosalia Kristin PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana
  • Indri Anugraheni PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10392

Abstract

Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untukMeningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Tujuandari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Solving untuk meningkatkankemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Mangunsari 01 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes.Instrumen penelitian ini menggunakan soal cerita, wawancara, dan observasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hal tersebut dapat dibuktikandari meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa dari kondisi awal(pra siklus) yaitu 58,64%, meningkat menjadi 67,37% pada siklus pertama, dan meningkat menjadi 79,07% pada siklus kedua.

Author Biographies

Metta Ariyanto, PGDS FKIP Universitas Kristen Satya Wacana

PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana

Firosalia Kristin, PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana

PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana

Indri Anugraheni, PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana

PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana

Downloads

Published

2018-08-07

How to Cite

Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(3), 106–115. https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10392

Issue

Section

Articles