PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BERBANTU MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PELAJARAN IPS MATERI JENIS – JENIS PEKERJAAN SDN PLAMONGANSARI 01 SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Abstrak: Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantu Media
Wayang Kartun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Pelajaran IPS
Materi Jenis-Jenis Pekerjaan SDN Plamongansari 01 Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran demonstrasi berbantu media wayang kartun terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi jenis – jenis pekerjaan kelas III SDN Plamongansari 01 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Plamongansari 01 Semarang yang terdiri
dari 38 siswa. Pengambilan sempel dilakukan dengan menggunakan teknik sempling jenuh yakni seluruh anggota populasi. Data penelitian diperoleh melalui tes, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya model pembelajaran Demonstrasi berbantu media Wayang Kartun dapat dicoba dan diterapkan pada mata pelajaran IPS.
Wayang Kartun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Pelajaran IPS
Materi Jenis-Jenis Pekerjaan SDN Plamongansari 01 Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran demonstrasi berbantu media wayang kartun terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi jenis – jenis pekerjaan kelas III SDN Plamongansari 01 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Plamongansari 01 Semarang yang terdiri
dari 38 siswa. Pengambilan sempel dilakukan dengan menggunakan teknik sempling jenuh yakni seluruh anggota populasi. Data penelitian diperoleh melalui tes, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya model pembelajaran Demonstrasi berbantu media Wayang Kartun dapat dicoba dan diterapkan pada mata pelajaran IPS.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10395
Article Metrics
Abstract view : 422 timesPDF - 522 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International