PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VI SDN 365 PATILUBAN MUDIK

Darus Zaman

Abstract


Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk
Meningkatkan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Siswa pada
Pembelajaran PKn di Kelas VI SDN 365 Patiluban Mudik. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar yang bermuara pada
peningkatan keterampilan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran PKn.
Penerapan model dilaksanakan dalam penelitian tindakan selama dua siklus dengan
dua kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah seluruh siswa
kelas VI yang berjumlah 22 siswa. Data aktivitas diperoleh dari pengamatan siswa
tiap siklus, data hasil belajar diperoleh dari tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian
menunjukkan 1)Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berhasil
memperbaiki aktivitas belajar siswa terlihat dari membaiknya kualitas masingmasing
criteria aktivitas setiap siklusny; 2)Hasil belajar siswa pada Siklus I
mencapai rata-rata 75,5 dengan ketuntasan klasikal 59,09% dan Siklus II mencapai
93,6 dengan ketuntasan klasikal100%. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil
belajar dan ketuntasan belajar siswa pada materipokok Politik Luar Negeri Indonesia
Dalam Era Globalisasi di kelas VI SDN 365 Patiluban Mudik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i1.10449

Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF - 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International