PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANMENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VI SDN 361 BUBURAN
Abstract
Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk
Meningkatkan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Siswa pada
Pembelajaran PKn di Kelas VI SDN 361 Buburan. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar yang bermuara pada
peningkatan keterampilan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran PKn.
Penerapan model dilaksanakan dalam penelitian tindakan selama dua siklus dengan
dua kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah seluruh siswa
kelas VI yang berjumlah 22 siswa. Data aktivitas diperoleh dari pengamatan siswa
tiap siklus, data hasil belajar diperoleh dari tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian
menunjukkan 1)Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berhasil
memperbaiki aktivitas belajar siswa terlihat dari membaiknya kualitas masingmasing
criteria aktivitas setiap siklusny; 2)Hasil belajar siswa pada materi Politik
Luar Negeri Indonesia Dalam Era Globalisasi dengan menerapkan model
pembelajaran Snowball Throwing pada Siklus I mencapai rata-rata 65.90 dengan
ketuntasan klasikal 52.94% dan Siklus II mencapai 82.27 dengan ketuntasan klasikal
91.18%. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar
siswa padamateripokokPolitik Luar Negeri Indonesia Dalam Era Globalisasi di kelas
VI SDN 361 Buburan Tahun Pelajaran2016/2017.
Kata kunci : Keterampilan Mengemukakan Pendapat, Snowball Throwing, PKn.
Meningkatkan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Siswa pada
Pembelajaran PKn di Kelas VI SDN 361 Buburan. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar yang bermuara pada
peningkatan keterampilan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran PKn.
Penerapan model dilaksanakan dalam penelitian tindakan selama dua siklus dengan
dua kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah seluruh siswa
kelas VI yang berjumlah 22 siswa. Data aktivitas diperoleh dari pengamatan siswa
tiap siklus, data hasil belajar diperoleh dari tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian
menunjukkan 1)Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berhasil
memperbaiki aktivitas belajar siswa terlihat dari membaiknya kualitas masingmasing
criteria aktivitas setiap siklusny; 2)Hasil belajar siswa pada materi Politik
Luar Negeri Indonesia Dalam Era Globalisasi dengan menerapkan model
pembelajaran Snowball Throwing pada Siklus I mencapai rata-rata 65.90 dengan
ketuntasan klasikal 52.94% dan Siklus II mencapai 82.27 dengan ketuntasan klasikal
91.18%. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar
siswa padamateripokokPolitik Luar Negeri Indonesia Dalam Era Globalisasi di kelas
VI SDN 361 Buburan Tahun Pelajaran2016/2017.
Kata kunci : Keterampilan Mengemukakan Pendapat, Snowball Throwing, PKn.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i1.10450
Article Metrics
Abstract view : 106 timesPDF - 298 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International