MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU MELALUI TEKNIK SUVERVISI KELAS DI SEKOLAH BINAAN KECAMATAN MEDAN HELVETIA TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Abstrak : Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Melalui Teknik
Suvervisi Kelas di Sekolah Binaan Kecamatan Medan Helvetia Tahun Ajaran
2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan
mengajar guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dengan diterapkannya Teknik
Suvervisi Kelas di SD Binaan se-Kecamatan Medan Helvetia Tahun Pelajaran
2016/2017. Penelitian tindakan sekolah ini akan ditempuh dalam dua siklus. Dari
siklus ke siklus menggunakan metode pembelajaran PBL dengan senantiasa
meningkatkan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran PAK. Penelitian
dikenakan pada guru mata pelajaran PAK SD Binaan se-Kecamatan Medan Helvetia
yang berjumlah 13 orang. Penelitian dilaksanakan dalam empat bulan mulai bulan
Juli sampai dengan Desember 2017. Setelah penelitian berlangsung selama dua
siklus dengan menggunakan supervisi kelas melalui pendekatan kolaboratif, maka
dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam mengajar meningkat dari total
rata-rata 2,57 pada siklus I menjadi 3,22 pada siklus II.
Kata kunci : Keterampilan Mengajar, Supervisi Kelas, Pendidikan Agama Kristen
Suvervisi Kelas di Sekolah Binaan Kecamatan Medan Helvetia Tahun Ajaran
2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan
mengajar guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dengan diterapkannya Teknik
Suvervisi Kelas di SD Binaan se-Kecamatan Medan Helvetia Tahun Pelajaran
2016/2017. Penelitian tindakan sekolah ini akan ditempuh dalam dua siklus. Dari
siklus ke siklus menggunakan metode pembelajaran PBL dengan senantiasa
meningkatkan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran PAK. Penelitian
dikenakan pada guru mata pelajaran PAK SD Binaan se-Kecamatan Medan Helvetia
yang berjumlah 13 orang. Penelitian dilaksanakan dalam empat bulan mulai bulan
Juli sampai dengan Desember 2017. Setelah penelitian berlangsung selama dua
siklus dengan menggunakan supervisi kelas melalui pendekatan kolaboratif, maka
dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam mengajar meningkat dari total
rata-rata 2,57 pada siklus I menjadi 3,22 pada siklus II.
Kata kunci : Keterampilan Mengajar, Supervisi Kelas, Pendidikan Agama Kristen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i1.10451
Article Metrics
Abstract view : 110 timesPDF - 99 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International