PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DI KELAS IVSDN 090 PANYABUNGAN

Zubaidah Zubaidah

Abstract


Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran SQ3R dalam Pembelajaran Bahasa
Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa di Kelas IV
SDN 090 Panyabungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
keterampilan membaca pemahaman dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran
bahasa Indonesia setelah diterapkan model SQ3R di kelas IV SDN 090
Panyabungan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas dengan dua siklus. Tempat penelitian adalah SD Negeri 090 dengan
Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 090 Panyabungan.
Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini,
aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar
(KBM) dan hasil belajar berupa keterampilan membaca diperoleh melalui tes hasil
belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa
berupa keterampilan membaca pemahaman meningkat pada siklus II.
Kata kunci : Model SQ3R, Bahasa Indonesia, Keterampilan Membaca

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i1.10452

Article Metrics

Abstract view : 170 times
PDF - 215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id