MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VI SDN 291 SIMPANG GAMBIR
Abstract
Abstrak : Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Kewarganegaraan
Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Siswa Kelas
VI SDN 291 Simpang Gambir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas
belajar siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Script pada
mata pelajaran PKN di kelas VI SDN 291 Simpang Gambir Tahun Pembelajaran
2016/2017. Subjek penelitianini diambil di kelas VI SD Negeri Simpang
Gambirdengan jumlah siswa 26 siswa. Model Pembelajaran Cooperative Script
memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditandai
dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I
(50%), siklus II (88,46%) dan aktivitas siswa yang semakin meningkat. Pada siklus
I, menulis/membaca (44%), menyimak bacaan (28%), bertanya sesama teman
(10%), bertanya kepada guru (15%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3%).
Pada siklus II, menulis (26%), membaca/ menulis (46%), bertanya sesama
teman (16%), bertanya kepada guru (10%), dan yang tidak relevan dengan KBM
(1%). Dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa semakin
meningkat pada setiap siklus.
Kata kunci : Model Pembelajaran Cooperative Script, Pendidikan
Kewarganegaraan
Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Siswa Kelas
VI SDN 291 Simpang Gambir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas
belajar siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Script pada
mata pelajaran PKN di kelas VI SDN 291 Simpang Gambir Tahun Pembelajaran
2016/2017. Subjek penelitianini diambil di kelas VI SD Negeri Simpang
Gambirdengan jumlah siswa 26 siswa. Model Pembelajaran Cooperative Script
memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditandai
dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I
(50%), siklus II (88,46%) dan aktivitas siswa yang semakin meningkat. Pada siklus
I, menulis/membaca (44%), menyimak bacaan (28%), bertanya sesama teman
(10%), bertanya kepada guru (15%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3%).
Pada siklus II, menulis (26%), membaca/ menulis (46%), bertanya sesama
teman (16%), bertanya kepada guru (10%), dan yang tidak relevan dengan KBM
(1%). Dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa semakin
meningkat pada setiap siklus.
Kata kunci : Model Pembelajaran Cooperative Script, Pendidikan
Kewarganegaraan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i1.10454
Article Metrics
Abstract view : 108 timesPDF - 165 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International