MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE SDN 167 SIBANGGOR JAE
Abstract
Abstrak : Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Picture
And Picture SDN 167 Sibanggor Jae. Peneliti bertujuan untuk mengetahui bahwa
dengan menerapkan model Picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Struktur lapisan tanah yang menyusun
daratan bumi, kelas V SDN 167 Sibanggor Jae Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini
terdiri dari 2 siklus yakni siklus I dan Siklus II. Data analisis dengan menggunakan
persentase, pengamatan dan tes. Setelah dilaksanakan penelitian, diperoleh hasil bahwa
dari 21 orang siswa, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan dengan KKM sebesar 70
pada saat Pre-test tindakan hanya terdiri dari 4 orang siswa (15%) dan 17 orang siswa
(85%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 44,75. Setelah pelaksanaan siklus I jumlah
siswa yang mencapai ketuntasan mulai meningkat menjadi 9 orang siswa (40%) tetapi 12
orang siswa (60%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata secara klasiskal 62,5.
Selanjutnya pada siklus II jumlah siswa tuntas semakin meningkat menjadi 17 orang
siswa (85%) sedangkan 4 orang siswa (15%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata
seluruhnya 82,25 namun sudah tergolong baik.
Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Model Picture and Picture
And Picture SDN 167 Sibanggor Jae. Peneliti bertujuan untuk mengetahui bahwa
dengan menerapkan model Picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Struktur lapisan tanah yang menyusun
daratan bumi, kelas V SDN 167 Sibanggor Jae Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini
terdiri dari 2 siklus yakni siklus I dan Siklus II. Data analisis dengan menggunakan
persentase, pengamatan dan tes. Setelah dilaksanakan penelitian, diperoleh hasil bahwa
dari 21 orang siswa, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan dengan KKM sebesar 70
pada saat Pre-test tindakan hanya terdiri dari 4 orang siswa (15%) dan 17 orang siswa
(85%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 44,75. Setelah pelaksanaan siklus I jumlah
siswa yang mencapai ketuntasan mulai meningkat menjadi 9 orang siswa (40%) tetapi 12
orang siswa (60%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata secara klasiskal 62,5.
Selanjutnya pada siklus II jumlah siswa tuntas semakin meningkat menjadi 17 orang
siswa (85%) sedangkan 4 orang siswa (15%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata
seluruhnya 82,25 namun sudah tergolong baik.
Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Model Picture and Picture
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i1.10455
Article Metrics
Abstract view : 83 timesPDF - 89 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD
Jurnal Guru Kita is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.