UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI POKOK STRUKTUR RANGKA MANUSIA MELALUI MULTI METODE PEMBELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI NO. 020 BONANDOLOK KECAMATAN SIABU KABUPATEN MANDAILING NATAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Abstrak : Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Materi Pokok Struktur Rangka Manusia Melalui Multi Metode
Pembelajaran di Kelas IV SD Negeri No. 020 Bonandolok Kecamatan Siabu Kabupaten
Mandailing Natal Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari penelitian yang dilaksanakan
diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Pada siklus I
diperoleh presentase ketuntasan belajar siswa 57,1% dan skor nilai ketuntasan kelas
62,5% dengan nilai terendah 50 dan nilai terbaik 90. Pada siklus II diperoleh presentase
ketuntasan belajar siswa sebesar 100% dan skor nilai ketuntasan kelas 71,4% dengan
nilai terendah 70 dan nilai terbaik 90. Terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa dari
siklus I ke siklus II, untuk presentase ketuntasan belajar siswa terjadi peningkatan
sebesar 42,9% dan skor nilai ketuntasan kelas sebesar 24,8%.
Kata Kunci : Multiple Learning, Mata Pelajaran IPA, Aktivitas Siswa dan Hasil Nilai
Belajar
Pengetahuan Alam Materi Pokok Struktur Rangka Manusia Melalui Multi Metode
Pembelajaran di Kelas IV SD Negeri No. 020 Bonandolok Kecamatan Siabu Kabupaten
Mandailing Natal Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari penelitian yang dilaksanakan
diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Pada siklus I
diperoleh presentase ketuntasan belajar siswa 57,1% dan skor nilai ketuntasan kelas
62,5% dengan nilai terendah 50 dan nilai terbaik 90. Pada siklus II diperoleh presentase
ketuntasan belajar siswa sebesar 100% dan skor nilai ketuntasan kelas 71,4% dengan
nilai terendah 70 dan nilai terbaik 90. Terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa dari
siklus I ke siklus II, untuk presentase ketuntasan belajar siswa terjadi peningkatan
sebesar 42,9% dan skor nilai ketuntasan kelas sebesar 24,8%.
Kata Kunci : Multiple Learning, Mata Pelajaran IPA, Aktivitas Siswa dan Hasil Nilai
Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i1.10462
Article Metrics
Abstract view : 104 timesPDF - 118 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD
This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International
JGK (Jurnal Guru Kita)
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id