PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKN MATERI POKOK POLITIK LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA SISWA KELAS VI SD NEGERI 359 PATILUBAN TP. 2016/2017

Muhaimin Muhaimin

Abstract


Abstrak : Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Dalam
Meningkatkan Aktivitas Belajar PKn Materi Pokok Politik Luar Negeri Republik
Indonesia Siswa Kelas VI SD Negeri 359 Patiluban T.P 2016/2017. Tujuan
Penelitian ini yaitu Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Kewarganegaraan
Materi Pokok Politik Luar Negeri Republik Indonesia Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Team Game Tournament Siswa Kelas VI SD Negeri 359 Patiluban Tahun
Pembelajaran 2016/2017. Setelah penelitian berlangsung selama dua siklus dapat
disimpulkan bahwa; 1) Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus
I antara lain menulis/membaca (41,8%), mengerjakan LKS (25,5%), bertanya sesama
teman (6,8%), bertanya kepada guru (14,2%), dan yang tidak relevan dengan KBM
(11,6%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada siklus II antara lain
menulis/membaca (25,5%), mengerjakan LKS (51,8%), bertanya sesama teman
(14,6%), bertanya kepada guru (3,6%), dan yang tidak relevan dengan KBM (4,5%) ;
2) Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT(Team Games
Tournament) prestasi belajar siswa dari siklus ke siklus berikutnya mengalami
peningkatan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Team Game Tournament, Aktivitas Siswa,
Pendidikan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v2i1.10464

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Guru Kita PGSD



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International