PENGARUH MEDIA FILM BERJUDUL INVICTUS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA KULIAH DASAR-DASAR OLAHRAGA PADA MAHASISWA PGSD UNIMED TAHUN 2020 PADA SAAT DARING

Winara Winara

Abstract


Abstract: The Influence of the Film Media entitled Invictus to Increase Learning Motivation in Sports Basics Subjects in 2020 Unimed Pgsd Students Online An educator must understand the conditions during the Covid -19 pandemic face-to-face learning can not be done this makes lecturers and students not face each other making learning the Basics of Sports in the PGSD course at the State University of Medan less optimal One form of learning renewal is by using effective, interesting, fun and meaningful learning media for students in this case using film learning media. This study aims to determine whether there is a difference in the learning motivation of PGSD Semester 5 students in the basics of sports subject before and after Covid-19 was given treatment using film media. This study uses a Post Test Only Control Group Design design. The population is PGSD Unimed students. Sampling is done randomly (Random Sampling). The variables in this study are the use of film media on student learning activities. Data collection was done by using experimental methods, observation and documentation. The distribution of the two variables was found to be normal, and the population had a homogeneous variant. The results of the research in the observation sheet showed that the student activity in the experimental class (80.19%) was higher than the control class (60.30%). Students who use film media in the learning process have increased their motivation to learn.

 

Keywords: Learning Motivation, Film Media

Abstrak: Pengaruh Media Film Berjudul Invictus Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Kuliah  Dasar-Dasar Olahraga Pada Mahasiswa Pgsd Unimed Tahun 2020 Pada Saat Daring. Seorang pendidik harus memahami kondisi di saat pandemic covid -19 tatap muka pada pembelajaran tidak bias di lakukan hal ini membuat Dosen dan mahasiswa tidak saling bertatap muka membuat pembelajaran Dasar-Dasar Olahraga di mata kuliah PGSD Universitas Negeri Medan kurang maksimal   Salah satu bentuk pembaharuan pembelajaran adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang efektif, menarik, menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik dalam hal ini dengan menggunakan media pembelajaran Film. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan Motivasi belajar Mahasiswa PGSD Semester 5 pada mata kuliah dasar-dasar Olahraga sebelum dan sesudah pada saat Covid-19diberikan treatment dengan menggunakan media Film. Penelitian ini menggunakan design Post Test Only Control Group Design. Populasinya adalah mahasiswa PGSD Unimed  Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random Sampling). Adapun variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan media Film terhadap aktvitas belajar Mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode eksperimen, observasi dan dokumentasi. Distribusi kedua variabel ditemukan normal, dan populasinya mempunyai varian yang homogen. Hasil penelitian dalam lembar observasi menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa pada kelas ekperimen (80,19%) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (60,30%). Mahasiswa yang menggunakan media Film dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan dalam Motivasi belajarnya.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Media Film


Keywords


Motivasi belajar, media Film

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohamad. 1987. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bahri, Djamarah Syaiful. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cahyo, N. Agus. 2011. Game Khusus Penyeimbang Otak Kanan dan Kiri. FlashBooks: Jogjakarta.

Dalyono, M. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pesada.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Grava Media

Dimyati dan Mudjono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Faisal, Sanapiah dan Waseso, Mulyadi Guntur. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan.

Surabaya: Usana Offset Printing.

Hamalik, O. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jatmiko, Agung. dkk. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC

(Cooperatif Integrated Reading and Composition) Disertai Media Komik Biologi

untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pelajaran Biologi pada Siswa

Kelas VII-A SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012”. FKIP UNS:

Surakarta.

Munadi, Wahyudi. 2003. Media Pembelajaran . Jakarta: Gama persada ( GP ) press.

Novianti, Riska Dwi. 2010. “Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika

untuk meningkatkan pemahaman bentuk soal cerita BAB Pecahan pada Siswa

Kelas V SDN Ngembung”. Jurnal Teknologi Penddikan : Ngembung.

Rahmawati, Siti Uriana. 2004. Pengertian, Peranan, dan Fungsi Media Pengajaran.

Jakarta: FTIK UIN Jakarta.

Sadiman, Arief. 1990. Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatanya.

Jakarta: Rajawali.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Sudjana, Nana. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Sinar Baru.

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiono. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2010. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Oprasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryabrata. 2003. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tim penyusun. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wasis, dkk. 2011. Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat

Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i1.21525

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF - 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International