MENINGKAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI JENIS-JENIS TANGGUNG JAWAB SEBAGAI WARGA MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD SISWA KELAS V SDN 8 SELATPANJANG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Zuraida Zuraida

Abstract


Abstract: Improving Pkn Learning Activities and Outcomes in Subject Types of Responsibilities as Citizens through the Application of the Stad Type Cooperative Learning Model for Class V Sdn 8 Selatpanjang Semester 1 Academic Year 2019/2020. Based on observations made in class V SDN SDN 8 Selat Panjang, it was found that student activity and learning outcomes were still low, especially in PPKn lessons. This study aims to improve the activities and learning outcomes of class V SDN 8 Selatpanjang students through the application of the Student Teams Achievement Division (STAD) cooperative learning model. This research uses classroom action research which has stages of planning, implementing, observing, and reflecting, carried out in two cycles, each cycle carried out in two meetings. The research subjects in this study were students of the VSDN class SDN 8 Selatpanjang Semester 1 in the 2019/2020 academic year with the number of students is 15 students. The required data were obtained through observation, documentation and tests using test questions. The validity of the data was carried out by triangulation techniques. The data collected were analyzed using qualitative and quantitative analysis techniques. The results showed that PPKn learning using the Cooperative Learning type Student Teams Achievement Division ( STAD), can increase student activity and learning outcomes. The assessment of the results of the observation of learning activities also increased where in the initial conditions 5 students or 33.33% increased to 7 students or 46.67% and 100% in the second cycle, while student learning outcomes showed an increase from the average value of the initial conditions of 57.33, in cycle I the average value obtained by students was 64.00 and in cycle II the average value obtained by students was 72.67 with completeness of learning from 2 students or 13.33% increased to 6 students or 40, 00% dann 93.33% or 14 students in the last cycle. The conclusion is that the application of the STAD type cooperative learning model can improve student activity and learning outcomes in PPKn learning in VSDN 8 Selatpanjang Class Semester 1 in the 2019/2020 Academic Year.

 

Keywords: Cooperative Learning, Learning, Activities, Results, Learning

 

Abstrak: Meningkakan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Materi Jenis-Jenis Tanggung Jawab Sebagai Warga Masyarakat Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Stad Siswa Kelas V Sdn 8 Selatpanjang Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas V SDN SDN 8 Selat panjang  diketahui aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah khususnya pada pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 8 Selatpanjang melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang memiliki tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan.Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VSDN SDN 8 Selatpanjang Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan tes menggunakan soal-soal tes.Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi.Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Student Teams AchievementDivision (STAD), dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penilaian hasil observasi aktivitas belajar yang juga meningkat di mana pada kondisi awal 5 siswa atau 33,33% meningkat menjadi 7 siswa atau 46,67% dan 100% pada siklus kedua, sedangkan  hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari nilai rata-rata kondisi awal sebesar 57,33, pada siklus  I  nilai  rata-rata  yang  diperoleh  siswa  adalah  64,00dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 72,67 dengan ketuntasan belajar dari 2 siswa atau 13,33% meningkat menjadi 6 siswa atau 40,00% dann 93,33% atau 14 siswa pada siklus terakhir. Kesimpulannya adalah penerapan penerapan model cooperative learning tipe STAD  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn di Kelas VSDN 8 Selatpanjang Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.

 

Kata Kunci : Cooperative Learning, Pembelajaran, Aktivitas,  Hasil, Belajar


Full Text:

PDF

References


Anni, Catharina Tri dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES PRESS.

Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi.Revisi).Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Cholisin. 2000. Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan-Pendidikan

Kewarganegaraan. UNY.Yogyakarta.

Cholisin.2004. Diktat Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Yogyakarta: UNY Press

Daryono.2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Didi Sutardi, dkk. (2007) Pembaharuan Dalam PBM di Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar Edisi II. Jakarta: PT. Rinka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. ----- Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Karli, Hilda dan Margaretha. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi 2. Bandung : Bina Media Informasi

Kasbolah, Kasiani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud: Jakarta.

Kunandar.2007. Guru Profesional Implementasi Kurikullum Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya. Offset, Bandung.

Nawawi, Hadari. (2006). Evaluasi dan manajemen kinerja di lingkungan

perusahaan dan industri. Yogyakarta: Gadjah Mada Univercity Press.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan

Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Samsuri.(2011). Pendidikan Karakter Warga Negara, Kritik Pembangunan

Karakter Bangsa. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.

Sanjaya, W. 2006.Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, R. E. 2005.Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar.Bandung: Rosdakarya.

Suprijono, A. 2012.Pembelajaran kooperatif: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional. 2011.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i1.21841

Article Metrics

Abstract view : 197 times
PDF - 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International