PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MATERI TATA TERTIB DI RUMAH DAN SEKOLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD SISWA KELAS I SDN 5 SELATPANJANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Yurnidawati Yurnidawati

Abstract


Abstract: Increasing Activities and Learning Outcomes of Pkn Rules at Home and School through Cooperative Learning Model Stad Type Students Class I Sdn 5 Selatpanjang Semester 2 Academic Year 2017/2018. The problem in this study is the low activity and learning outcomes of grade I SDN 5 Selatpanjang learning Civics discipline material at home and at school. This study aims to increase student activity and learning outcomes using the STAD Cooperative Learning Type learning model. using Classroom Action Research (CAR). This classroom action research is divided into two cycles where each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The research subjects in this study were students of class I SDN 5 Selatpanjang Semester 2 in the academic year 2017/2018 with a total of 22 students. The required data were obtained through observation, documentation and tests. The validity of the data was done by using triangulation techniques. The collected data were analyzed using qualitative and quantitative analysis techniques. The results showed that learning activities also increased where in the initial conditions it was 9 students or 40.91%, it increased to 15 students or 68.18% in the first cycle, and 95.45% in the second cycle. The average results of the formative test individually are as follows: the initial conditions of 55.45 rose to 63.18 in the first cycle, and 72.73 in the second cycle, with 5 students (22.73%) of completeness learning. In the initial study, 50.00% or 11 students in the first cycle, and in the last cycle it became 90.91%, or 20 students out of 22 students who participated in the implementation of learning improvement and two students had not finished their learning. The conclusion is that the application of the type STAD cooperative learning model can increase student activity and learning outcomes in Civics learning in Class I SDN 5 Selatpanjang Semester 2 Academic Year 2017/2018.

 

Keywords: Activities, Learning Outcomes, STAD

 

Abstrak: Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pkn Materi Tata Tertib Di Rumah Dan Sekolah Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad  Siswa Kelas I Sdn 5 Selatpanjang Semester 2  Tahun Pelajaran 2017/2018. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN 5 Selatpanjang pada pembelajaran PKn materi tata tertib di rumah dan di sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian tindakan kelas ini terbagi menjadi dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 5 Selatpanjang  Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan tes.Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi.Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar yang juga meningkat di mana pada kondisi awal sebesar 9 siswa atau 40,91%, naik menjadi 15 siswa atau 68,18% pada siklus pertama, dan 95,45% pada siklus kedua.  Adapun hasil rata-rata tes formatif secara individu adalah sebagai berikut : kondisi awal sebesar 55,45  naik menjadi 63,18 pada siklus pertama, dan  72,73 pada siklus kedua,  dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak  5 siswa (22,73%) pada studi awal,  50,00% atau 11 siswa pada siklus pertama,  dan pada siklus terakhir menjadi 90,91%, atau 20 siswa dari 22 siswa yang mengikuti pelaksanaan perbaikan pembelajaran dan dua siswa belum tuntas belajarnya. Kesimpulannya adalah penerapan penerapan model cooperative learning tipe STAD  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di Kelas I SDN 5 Selatpanjang  Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci : Aktivitas,  Hasil Belajar, STAD


Full Text:

PDF

References


Ahamad Susanto. 2013.Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Anitah, Sri, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Anni, Catharina Tri, dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaan Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.

Darmadi, Hamid. 2010. Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung:

Alfabeta.

Didi Sutardi, dkk. (2007)Pembaharuan Dalam PBM di Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.

Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah, Nunung dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran.

Bandung: Refika Aditama.

Indrawati dan Wanwan Setiawan. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan

Menyenangkan untuk Guru SD. Jakarta: PPPPTK IPA.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Karli, Hilda dan Margaretha. 2002. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi 2. Bandung : Bina Media Informasi

Kurikulum, 2007: 630

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun

tentang Standar Isi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rifa’i Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang:

UPT MKK UNNES.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syamsu Yusuf. (2004). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Wahab, Abdul Aziz dan Sapriya. 2011. Teori dan Landasan Pendidikan

Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Winarno 2013:06

Winataputra, Udin S. 2008. Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Winataputra, Udin. S. 2009. Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Yonny, Acep, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:

Familia.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i1.21896

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF - 183 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International