UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PPKN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING KELAS XI MIPA 6 SMA NEGERI 10 PEKANBARU

Erdison Erdison

Abstract


Abstract: Upaya Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar PPKN Menggunakan Metode Role Playing Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 10 Pekanbaru.This study aims to increase the interest and learning outcomes of PPKN using the role playing method of class XI MIPA 6 SMA Negeri 10 Pekanbaru.The research subjects were students of class XI SMA Negeri 10 Pekanbaru with a total of 36 students. The form of this research is classroom action research with two cycles. The problem is the lack of interest and low learning outcomes caused by the lack of variation in learning.Using the role playing learning model can increase the interest and learning outcomes of PPKN class XI students of SMA Negeri 10 Pekanbaru for the 2017/2018 academic year. It can be seen through the increase in the average percentage of student PPKN learning outcomes from cycle I to cycle II amounting to 72.7%. Where the first cycle only reached 21.2% then in the second cycle 93.9% reached the KKM value.Thus it can be concluded that using the role playing method is one of the methods to increase interest and learning outcomes in understanding the material of cases of human rights violations in the context of protecting, advancing and fulfilling human rights (Human Rights).

 

Keywords : Interests, Learning Outcomes, Role Playing, Ppkn

 

Abstrak: Upaya Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar PPKN Menggunakan Metode Role Playing Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 10 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan minat dan hasil belajar PPKN  menggunakan metode role playing kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 10 pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Pekanbaru dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  dengan dua siklus adapun masalahnya yaitu kurangnya minat dan rendah hasil belajar  disebabkan oleh pembelajaran masih kurang bervariasi. Penggunakan Model pembelajaran role playing  dapat meningkatkan minat dan hasil  belajar PPKN siswa kelas XI SMA Negeri 10 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018. Terlihat melalui peningkatan persentase rata-rata hasil  belajar PPKN siswa dari siklus I hingga siklus II adalah sebesar  72.7 %. Dimana siklus I hanya mencapai 21.2 % kemudian di siklus II 93.9 % yang mencapai nilai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode role playing merupakan salah satu metode dalam peningkatan minat dan hasil belajar dalam pemhama materi kasus –kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan,pemajuan dan pemenuhan HAM (Hak Azazi Manusia)

 

Kata Kunci : Minat, Hasil Belajar, Role Playing, PPKn


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i2.24139

Article Metrics

Abstract view : 148 times
PDF - 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International

JGK (Jurnal Guru Kita)

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
Website : www. unimed.ac.id