PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTU MEDIA VIDEO DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Riva Sri Rahayu, Mai Sri Lena

Abstract


Abstract : Improving learning outcomes of using media video assisted learning (PBL) models in class IV primary school.Aims of this study is describe how can to be increase outcomes of student learning  in integrated thematic using media video assisted learning (Pbl) models in Class IV SDN 23 Ganting Singgalang Kecamatan X Koto. The research conducted was a type of PTK use quantitative and qualitative approaches. The research was held in two cycle,that is cycle I consists of 2 meeting,and cycle II consists of 1 meeting. In every that cycle have four step that is planning, then implementation, after that observation, and reflection.The subject of this research is teacher and students class IV SDN 23 Ganting Singgalang Kecamatan X Koto with amount 14 person of students. The result obtained showed an increace in : a) The assessment of the learning implementation plan in cycle I was 82,15%, in cycle II there was an increase of 92,85%. b) Assessment of teacher activity cycle I obtained 82,82%, in cycle II increased to 93,76%, c) Asssessment of student learning outcomes in cycle I obtained an average value of 73,13 and increased in cycle II to 82,09.Based on that result conclude that with media video assisted learning (Pbl) models can upgrade student learning outcome in integrated thematic.

 

Keywords:Learning Outcomes,PBL Models,Video Media

 

Abstrak : peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model pembelajaran pbl berbantu media video di kelas iv sekolah dasar.Tujuan dari penelitian ini adalah menguraikan bagaimana meningkatnya capaian belajar murid pada tematik terpadu memakai model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) berbantu media video di kelas IV SD Negeri 23 Ganting Singgalang Kecamatan X Koto.Penelitian yang dilakukan berjenis PTK memakai kualitatif dan kuantitatif sebagai pendekatan.Pelaksanaan penelitian dengan dua cycle,yaitu cycle I dibagi 2xpertemuan,dan cycle II terdiri dari 1x pertemuan. Pada masing-masing cycle memiliki empat tahapan proses yaitu perencanaan, lalu pelaksanaan, setelah itu pengamatan, dan refleksi.Yang menjadi subjek penelitian ini ialah guru dan murid kelas IV SD Negeri 23 Ganting Singgalang Kecamatan X Koto dengan jumlah 14 siswa.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan pada : a) penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran cycle I adalah 80,35%, di cycle II mengalami peningkatan 92,85%. b) penilaian aktivitas guru siklus I diperoleh 81,25%, pada cycle II adanya peningkatan  93,75%.Sedangkan penilaian pengamatan aktivitas siswa pada cycle I 82,81%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,75%, c) penilaian capaian belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rerata 73,13 menjadi naik di cycle II 82,09.Dilihat dari hasil tersebut di ambil kesimpulan bahwa dengan model PBL berbantu media video pada tematik terpadu dapat membuat hasil belajar siswa mengalami peningkatan

 

Kata Kunci: Capaian Hasil Belajar,Model PBL,Media Video


Keywords


hasil belajar,PBL,media video

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta.

Fathurrahman, Muhammad. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: AR- RUZZ MEDIA.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SD Kelas IV. Jakarta:Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar, (2014). Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta:Rajawali Press.

Majid,Abdul (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Netriwati & Lena, M.S. (2017).Media Pembelajaran Matematika.Bandar Lampung:Permata Net.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu.Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya,Wina. (2012).Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Sudjana,Nana. (2002).Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Uno,Hamzah B dan Satria Koni. (2012).Assesment Pembelajaran.Jakarta:PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i3.25225

Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International