PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIVIEMENTS DIVISION) DAN NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) BERBASISKAN PETA KONSEP DI KELAS VII

Riniwati Br. Sembiring

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan antara peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD (Students Teams Achiviements Division) dan NHT (Number Head Together)  berbasiskan peta konsep pada pokok bahasan klasifikasi zat di SMP N 2 Berastagi kelas VII. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII. Sampel penelitian ini terdiri atas 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran koperatif tipe STAD dan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran koperatif tipe NHT. Instrumen atau test yang digunakan terlebih dahulu diuji cobakan pada siswa yang sudah mempelajari pokok bahasan klasifikasi zat untuk mendapatkan validitas test dimana dari 30 soal diperoleh 20 soal valid dan 10 soal tidak valid.  Penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan uji t – dua pihak. Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan kriteria pengujian thitung > ttabel. Karena t- hitung berada di daerah kritis, maka Ho ditolak, < ,(-2,513 < -1,875) dan Ha di terima dengan kata lain bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran STAD dan yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran NHT. Dari hasil data yang telah dianalisis diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I adalah sebesar 49,7% dan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen II adalah sebesar 54,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD dan NHT.

Keywords


Metode STAD, NHT, Peta Konsep

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.,(2013), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta

Daryanto, (2012), Belajar dan Mengajar,Yrama Widya,Bandung

Febriany., D., dkk., (2013), Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Jurnal Pendidikan UNS 1(2).

Fitriana, dkk., (2016), Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Student Teams Achiviment Division (STAD) Pada Materi Virus di Kelas X SMA Al-Hidayah, Jurnal Pelita Pendidikan 4(4).

Halimah, N., Sumardjono., (2017), Perbedaan Pengaruh Model Student Teams Achivement Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajarn Matematika, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 7(3).

Huda, Miftahul, (2011),Cooperative Learning, Pustaka Belajar, Yogyakarta

Ngalimun., (2012), Starategi dan Model Pembelajaran, Aswaja Presindo, Yogyakarta

Purba, M., (2012), IPA untuk SMP Kelas VII, Erlangga, Jakarta.

Sudjana, (2016), Metode Statistika, PT. Tarsito Bandung, Bandung.

Syarifuddin, A., (2011), Penerapan Modek Pembelajaran Cooperatif Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, TA’DIB.

Trianto., (2013), Model Pembelajaran Terpadu, Bumi Aksara, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v5i3.25454

Article Metrics

Abstract view : 175 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JGK (Jurnal Guru Kita)



This work is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International